Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Sikap Keagamaan Remaja

Authors

  • Rohimatus Sholihah Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Akhmad Baihaqi Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

keluarga, sikap keagamaan, remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap sikap keagamaan remaja di Desa Sidowangi Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di Desa Sidowangi Kajoran Magelang yang berjumlah 164 remaja. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 33 remaja yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampel random. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui perhitungan pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap sikap keagamaan remaja menggunakan bantuan program perhitungan SPSS for windows versi 20.0. Hasil penelitian pada analisis deskriptif menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga di Desa Sidowangi Kajoran Magelang dalam kategori baik. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban responden paling banyak dalam kategori baik yaitu sebesar 78,8%. Selanjutnya sikap keagamaan remaja dalam kategori baik yaitu sebesar 66,7%. Hasil penelitian diperoleh nilai rxy hitung sebesar 0,524 lebih besar dari r tabel 0,344. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berpengaruh terhadap sikap keagamaan remaja di Desa Sidowangi Kajoran Magelang.

References

Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. (2009). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ancok, Djamaluddin & Fuat Nashori Suroso. (2011). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiah. (1982). Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalaludin. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kencanasari, Zulia Andriani. (2015) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Wanurejo Borobudur Magelang (Skripsi). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Mahfuzh, M. Jamaluddin. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Muhaimin, et.al. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rumini, Sri dan Siti Sundari. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sari, Ayu Puspita. (2014). Hubungan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Siswa di SMP Islam Yapkum Meruyung Limo – Depok (Skripsi), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sarwono, Sarlito Wirawan. (2016). Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ulum, Syaiful. (2012). Pendidikan Agama dalam Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Akhlak Siswa di Sekolah (Studi Kasus di SMAN 2 Mauk Tangerang) (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Sholihah, R., & Baihaqi, A. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Sikap Keagamaan Remaja. Prosiding University Research Colloquium, 252–258. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/438