Penanaman Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Dyah Hesti Kayuntami Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Istania Widayati Hidayati Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

KEAGAMAAN, ANAK USIA DINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pemahaman tentang penanaman nilai keagamaan pada anakanak usia dini di TK Pertiwi Kota Magelang. Fokus penelitian tentang pelaksanaan, materi, metode dan dampak dari penanaman nilai keagamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penanaman nilai keagamaan pada anak usia dini di TK Pertiwi Kota Magelang mencakup 4 kegiatan yaitu, kegiatan pembuka, kegiatan inti, recalling dan kegiatan penutup. Materi yang disampaikan dalam penanaman nilai keagamaan mencakup pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak. 2) Metode yang digunakan dalam proses penanaman nilai keagamaan pada usia dini yaitu metode bermain, metode bercerita, metode bernyanyi, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode pembiasaan, metode berdialog, dan metode keteladanan. 3) Penanaman nilai keagamaan pada anak usia dini berdampak terhadap pengembangan agama anak, perubahan perilaku anak, dan penyaluran bakat anak.

References

Gunawan, Imam. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. cet. ke-3, Jakarta : Bumi Aksara.
Kurniasih, Imas. (2010). Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Pustaka Marwa.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. cet. ke-1, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Saputra, Muhammad Ali. (2014). “Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini ii R.A. DDI Addariyah Kota Palopo”, Jurnal Al-Qalam. Vol. 20 No 2, Makassar : Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. (2010). Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta : Pro-U Media.
Tambak, Syahraini. (2016). “Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-Thariqah, Vol. 1, No. 1, Pekanbaru : Universitas Islam Riau.
Ulwan, Abdullah Nasih. (1992). Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Kayuntami, D. H., & Hidayati, I. W. (2019). Penanaman Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Prosiding University Research Colloquium, 245–251. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/437