Kerjasama Guru dengan Orangtua dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Siswa

Authors

  • Eka Faridah Wahyuningtyas Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Afga Sidiq Rifai Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

kerjasama, guru, orangtua, perilaku, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerjasama antara guru dan orangtua terhadap perilaku siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring. Populasi dalam penelitian ini adaiah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring yang berjumlah 98 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 78 siswa yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik, penghitungan menggunakan program SPSS for windows version 20.00. Hasil penelitian menunjukkan kerjasama antara guru dan orangtua diperoleh frekuensi 41 dengan prosentase 52% yang dikategorikan baik. Perilaku siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring diperoleh prosentase frekuensi 58 dengan prosentase 74% yang dikategorikan baik. Pengaruh kerjasama antara guru dan orangtua terhadap perilaku siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Plus Gunung Pring diperoleh nilai korelasi sebesar 0,479 dengan prosentase 47,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kerjasama antara guru dan orangtua berpengaruh terhadap perilaku siswa sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.

References

Cahyo, Edi Dwi, Pendidikan Karkter guna Menanggulangi Dekadensi Moral yang terjadi pada Siswa Sekolah Dasar, vol. 9 no. 1 (STKIP PGRI Metro, 2017).
Chatib, Munif, Gurunya Manusia, Bandung: Penerbit Kaifa, 2016.
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.
Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: LPPI, 2005.
Kristiyanti, Titik, Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa terhadap Sekolah: Studi Meta-analisis, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas, Buletin Psikologi, Vol. 21, No. 1, Juni 2013.
Lie, Anita, dkk, Menjadi Sekolah Terbaik Praktik-Praktik Strategis dalam Pendidikan, Jakarta: Tanoto Foundation, 2014.
McDonald, Emma S, Dyan M. Hershman, Guru dan Kelas Cemerlang Menghidupkan dan Meningkatkan Pengajaran di dalam Kelas, Jakarta: PT. Indeks, 2011.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Wahyuningtyas, E. F., & Rifai, A. S. (2019). Kerjasama Guru dengan Orangtua dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Siswa. Prosiding University Research Colloquium, 208–215. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/432