Metode Permainan Tradisional Engklek pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • R Rusnilawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Heny Tri Muthmainnah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fatiya Nuzuli Mufti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • I Istiqomah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Elmira Tita Ulima Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

permainan tradisional, engklek, motivasi belajar, bangun datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran permainan tradisional engklek pada pembelajaran bangun datar terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (pre test dan pos test). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru yang berjumlah 100 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB MI Muhammadiyah Waru dengan jumlah 35 siswa. Data yang dianalisis adalah hasil pre test dan pos test angket motivasi belajar. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang efektif antara metode pembelajaran permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Hasil penelitian menunjukkan thitung -2,953 < - ttabel 1,995, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran permainan tradisional engklek berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Waru. Metode permainan tradisional engklek merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran matematika. Permainan ini dimodifikasi menjadi suatu metode pembelajaran matematika yang aktif dan menyenangkan. Pada permainan tradional engklek terdapat unsur matematika berupa gambar-gambar bangun datar. Metode ini cocok untuk diterapkan karena sesuai dengan karakteristik peserta didik usia Sekolah Dasar yang masih suka bermain.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Aviadita, Retasya. 2016. “Pembuatan Game Brain Puzzle Melalui Permainan Engklek Dengan Puzzle Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Pada Anak”. Skripsi. Surabaya: Fakultas Teknologi dan Informatika Institut Bisnis dan Informatika STIKOM.
Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian Edisi ke-2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Damayanti, Agustina Dhevin Merinda dan Rosa Dina Putranti. 2016. “Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016. p-ISSN : 2550-0384, e-ISSN : 2550-0392, hal.254-260.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dharmamulya, Sukirman. dkk. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: kepel Press.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualtitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Habiby, Wahdan Najib. 2017. Statistika Pendidikan. Sukoharjo: MUP.
Komariyah, Z dan Soeparno. 2010. “Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran di SDN Jerawat I Surabaya”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.10, No.1, hal.63-73.
Mas’udi. 2011. “Pembelajaran Pakem Bahasa Inggris dengan Aplikasi Strategi Dahlia”. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan. Vol.1, No.1, hal.9-14.
Mulyani, Sri. 2013. 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.
Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmawati, Ami.2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-3 Tahun. Bandung.Sandiarta Sukses.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Wahyuningsih, Sri. 2009. Permainan Tradisional untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Rusnilawati, R., Muthmainnah, H. T., Mufti, F. N., Istiqomah, I., Ulima, E. T., & Hidayati, Y. M. (2019). Metode Permainan Tradisional Engklek pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding University Research Colloquium, 189–195. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/429