Keberfungsian Preposisi di- dalam Wacana Narasi Siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Surakarta

Authors

  • Agus Budi Wahyudi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Putri Haryanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Safitri Zuliana Aryanti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

keberfungsian, preposisi, di-, wacana narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan wujud frasa preposisi di- dalam wacana narasi karangan siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta (2) Mendeskripsikan keberfungsian frasa preposisi di- dalam wacana narasi SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Data penelitian ini berupa kalimat yang terdapat frasa preposisi di- dalam wacana narasi SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Adapun sumber data dalam penelitian ini berupa wacana narasi karangan siswa yang terhimpun dalam majalah Obah edisi No. 16 s.d 24 tahun 2016-2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan teknik simak dengan teknik lanjutan dengan teknik catat. Teknik catat dilaksanakan pencatatan data dari sumber data. Selanjutnya, setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca markah (metode agih). Selanjutnya metode padan referensial digunakan untuk menganalisis keberfungsian frasa preposisi di- secara gramatikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberfungsian frasa preposisi di- dalam wacana narasi siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta merepresentasikan fungsi fakta dan fungsi fiksional. Adapun posisi dari frasa preposisi di- terletak di awal, tengah, dan akhir. Wacana narasi siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta memberikan gambaran nyata bahwa siswa SD memiliki kemampuan pemfungsian preposisi dalam kalimat.

References

Alwi Hasan dkk. (2009). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf. (2010). Garis- Garis Besar Tatabahasa Baku Indonesia. Flores: Nusa Indah
Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa:Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nusarini. (2017). Preposisi dalam Bahasa Indonesia: Tinjauan Bnetuk dan Peran Semantisnya”. Caraka. 4 (1): 19-32.
Ramlan. (2009). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: Karyono.
Rehatta. (2014). Frase Preposisi dalam Artikel Jurnal AKADEMIK Pada English Teaching Forum Volume 41, No. 4, Tahun 2003. Naskah tidak dipublikasikan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sam Ratulangi.
Rozelin, Diana. (2012). Analisis Preposisional dalam Tajuk Wacana Berita di Kompas, Solo Pos, dan Republika. Media Akademika. 27 (2): 255-276.
Sumadi, Novi Eka S. (2016). “Ketepatan Pengguaan preposisi dalam Karangan Siswa Kelas III, IV, V, dan VI”. Bahasa dan Seni. 44 (1): 99-110.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Wahyudi, A. B., Haryanti, P., & Aryanti, S. Z. (2019). Keberfungsian Preposisi di- dalam Wacana Narasi Siswa SDIT Jamsaren, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Prosiding University Research Colloquium, 139–144. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/347