Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS

Authors

  • Naufal Ishartono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yosep Dwi Kristanto Universitas Sanata Dharma
  • Fariz Setyawan Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Website DESMOS, Matematika SMA, Visualisasi Materi Ajar

Abstract

Website DESMOS adalah graphing calculator yang dapat dioperasikan secara online dan dapat diakses oleh guru dan siswa secara gratis. Hal ini tentunya sangat cocok untuk memvisualisasikan objek-objek matematika yang bersifat abstrak secara cepat, akurat dan efisien. Khususnya pada topik matematika SMA yang memerlukan visualisasi grafik seperti persamaan garis lurus, fungsi kuadrat, program linear, dan lingkaran. Website ini dapat membantu guru dalam memvisualisasikan topik yang diajarkan kepada siswa sehingga pembelajaran bisa lebih bermakna. Akhirnya, kemahiran guru dalam pengoperasian website ini dapat diajarkan pula kepada para siswa dan mereka dapat menggunakan sendiri guna mengeksplorasi lebih jauh tentang topik matematika yang diajarkan. Oleh karena itu, keterampilan dalam pengoperasian website DESMOS dipandang perlu untuk dikuasai oleh guru-guru matematika SMA. Tujuan pelatihan ini adalah untuk melatih guru dalam menggunakan website DESMOS pada pembelajaran matematika bagi guru-guru SMA Negeri 8 Yogyakarta dimana sebanyak 5 guru mengikuti pelatihan ini. Adapun pelaksanaannya menggunakan model workshop dimana guru-guru diberikan suatu permasalahan matematika SMA, yang dalam hal ini adalah masalah fungsi trigonometri, pemrograman linear, dan lingkaran, lalu tutor memberikan demo tentang proses memvisualkannya menggunakan website desmos dan diikuti oleh peserta pelatihan. Berikutnya, peserta diberikan kasus lain sebagai latihan bagi peserta pelatihan untuk menyelesaikannya dengan menggunakan website Desmos. Adapun hasil dari pelatihan ini adalah semua peserta pelatihan yaitu guru-guru matematika SMAN 8 Yogyakarta memberikan respon positif terhadap pelatihan tersebut dan semuanya setuju untuk mengoptimalkan website Desmos dalam pembelajaran di kelas.

References

Ebert, D. (2015). Graphing Projects with Desmos. The Mathematics Teacher, 108(5), 388–391.
Jacko, Julie A. & Andrew Sears. (2003). Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises. CRC Press.
Lopez-Morteo, G., & López, G. (2007). Computer support for learning mathematics: A learning environment based on recreational learning objects. Computers & Education, 48(4), 618-641.
Papanastasiou, E. C., & Angeli, C. (2008). Evaluating the Use of ICT in Education: Psychometric Properties of the Survey of Factors Affecting Teachers Teaching with Technology (SFA-T3). Educational Technology & Society, 11 (1), 69-86.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS. Prosiding University Research Colloquium, 78–86. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/332