Penulisan Alat Penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP

Authors

  • Rini Fatmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

alat penilaian, teknik penilaian, tujuan pembelajaran

Abstract

Tulisan ini membahas alat penilaian yang harus dituliskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Inggris SMP. Permasalahan yang dimiliki oleh para guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sukoharjo adalah bahwa mereka masih memiliki keterbatasan kemampuan dalam menuliskan alat penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Inggris SMP. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan mereka dalam menuliskan alat penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Inggris SMP. Metodenya adalah bahwa mereka diberi pengetahuan tentang penulisan alat penilaian dalam RPP bahasa Inggris SMP, diberi pelatihan dalam menuliskan alat penilaian dalam RPP bahasa Inggris SMP, dan diberi umpan balik terhadap alat penilaian yang telah mereka tuliskan dalam RPP bahasa Inggris SMP. Dalam menuliskannya,mereka belum dapat menyesuaikan alat penilaian tersebut dengan tujuan pembelajarannya, yaitu: beberapa alat penilaian yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran dituliskan dalam RPP tersebut, dan beberapa alat penilaian yang harus sesuai dengan tujuan pembelajaran tidak dituliskan dalam RPP tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat tentang pelatihan dalam menuliskan alat penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Inggris SMP bagi para guru bahasa Inggris SMP Kabupaten Sukoharjo tepat untuk dilakukan agar supaya alat penilaian yang harus mereka tuliskan dalam RPP bahasa Inggris SMP tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

References

Bloom, B. S., Madaus, G. F., & Hastings, J. T. 1981. Evaluating to improve learning. USA, NY: McGraw-Hill, Inc.
Idi, Abdullah. 2007. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Mager, R. F. 1973. Measuring Instructional Intent. Belmont, CA: Fearon Pitman Publishers, Inc.
McNaught. C. 1996. Teaching and Learning. http://www.rmit.edu.au/browse:ID=tjbxs9kscune. (June 15, 2005).
Montague, E. J. 1987. Fundamentals of Secondary Classroom Instruction. Columbus, Ohio: Merril Publishing Company.
Richards, Jack; John Platt; and Heidi Weber. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics. England: Longman Group Limited.
School of Education at the University of Mississippi. 2001. The Psychomotor Domain. http://www.olemiss.edu/depts/educ school/CI/seced/psychomotor.htm. (June 15, 2005).
Suparman, A. 1997. Desain Instruksional. Jakarta. PAU untuk PPAI Ditjen Dikti Depdikbud.
Tarigan, Djogo dan Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2019-01-21

How to Cite

Fatmawati, R. (2019). Penulisan Alat Penilaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SMP. Prosiding University Research Colloquium, 65–70. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/330