APAKAH KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DAPAT DITINGKATKAN DENGAN LATIHAN SIRKUIT?

Authors

  • Gatot Jariono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • N Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eko Sudarmanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pungki Indarto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Prita Yunita Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Haris Nugroho Universitas Sebelas Maret

Keywords:

kebugaran jasmani, Latihan sirkuit, siswa sekolah dasar

Abstract

Agar tubuh kita dapat melakukan banyak aktivitas, kita harus memiliki kebugaran jasmani yang mumpuni. Kebugaran jasmani merupakan kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa lelah dan tetap memiliki cadangan energi. Hal ini dapat dilakukan Latihan salah satunya melalui Latihan sirkuit. Latihan sirkuit merupakan jenis latihan di mana peserta diminta untuk melakukan suatu kegiatan tertentu, seperti latihan dalam waktu yang singkat, menggunakan beban yang sedang, repitisi yang tinggi, dan waktu istirahat yang singkat. Setelah itu, peserta melanjutkan dengan program latihan sirkuit lainnya. Tujuan program latihan ini adalah untuk memberikan tantangan otot dan sistem kardiovaskular dengan hal-hal baru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa efektif latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Program latihan sirkuit terdiri dari tiga sesi setiap minggu, dua belas kali pertemuan, dengan durasi 30 menit setiap sesi. Tes kebugaran termasuk (1) lari 40-meter, (2) tes gantung siku tekuk, (3) baring duduk selama 30 detik, (4) loncat tegak, dan (5) lari 600 meters. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang disebut quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas atas Madarasah Ibtidayah Muhammadiyah Wonorejo, masing-masing 15 putera dan 15 puteri. Metode purposive sampling digunakan untuk memberikan sampel penelitian ini. Untuk menganalisis data penelitian ini, program SPSS Versi 26 digunakan. Uji beda sampel berpasangan dan independen dilakukan dengan tingkat signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar mungkin lebih sehat dengan latihan sirkuit. Karena penelitian ini hanya mencakup satu sekolah, diperlukan penelitian tambahan. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan pada berbagai sekolah. Penelitian ini harus melihat bagaimana karakteristik siswa, kondisi psikologis, lingkungan sosial, kondisi fisik, dan latihan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Jariono, G., Nurhidayat, N., Sudarmanto, E., Indarto, P., Yunita, P., & Nugroho, H. (2024). APAKAH KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DAPAT DITINGKATKAN DENGAN LATIHAN SIRKUIT?. Prosiding University Research Colloquium, 19. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2795