PENGETAHUAN IBU MENGENAI PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA BALITA (KAJIAN DI POSYANDU WILAYAH PUSKESMAS MOJOLABAN)

Authors

  • Morita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Deddy Hartarto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Indri Devi Setyasri Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pengetahuan, Pemeliharaan, Gigi dan Mulut, Balita

Abstract

Pendahuluan : Karies merupakan penyakit gigi dan mulut yang sering terjadi pada balita dapat disebabkan karena pola makan dan pemberian susu sebelum tidur. Orang tua terutama ibu mempunyai peran dan tanggung jawab atas kebersihan gigi dan mulut anak balitanya. Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendukung kebersihan gigi dan mulut pada anak. Tujuan : Mengetahui pengetatuan ibu mengenai pemeliharaan gigi dan mulut pada balita. Diskusi : Mengetahui gambaran pengetahuan orang tua mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada balita. Kesimpulan : Pengetahuan yang luas dimiliki ibu dapat mencegah permasalahan pada gigi salah satunya yang sering terjadi pada balita yaitu gigi berlubang.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Sari, M., Hartarto, D., & Setyasri, I. D. (2024). PENGETAHUAN IBU MENGENAI PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA BALITA (KAJIAN DI POSYANDU WILAYAH PUSKESMAS MOJOLABAN). Prosiding University Research Colloquium, 19. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2733