PENGARUH NANO TITANIUM DIOKSIDA TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI

Authors

  • Alkatiry Ammar Abyan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Trinugroho Suhendro Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Nano Titanium Dioksida, Titanium Dioksida, Beton Mutu Tinggi, Kuat Tekan

Abstract

Tinjauan penelitian tentang Nano Titanium Dioxida ini adalah untuk membuktikan kemungkinan penggunaan Nano Titanium Dioxida pada Beton Mutu Tinggi. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui bagaimana penambahan Nano Titanium Dioxida pada beton mutu tinggi dapat berdampak pada ketahanan beton dan meningkatkan kuatan tekannya.
Hasil dari penelitian ini adalah penambahan Nano Titanium Dioxida yang berlebihan dapat menurunkan kualitas beton dari segi kuat tekannya sehingga penambahan jumlah Nano Titanium Dioxida harus dihitung secara tepat agar didapatkan kuat tekan yang optimal dan yang diinginkan. Kuat tekan optinal didapatkan pada penambahan 1% - 4% Nano Titanium Dioxida sebagai bahan campurnya. Informasi ini diperoleh melalui analisis berbagai artikel Nano Titanium Dioxida dari tahun 2013 hingga 2023. Melalui aplikasi Publish & Perish, database sciencedirect dan Google Scholar digunakan untuk mengumpulkan berbagai jurnal yang dikumpulkan dari berbagai publikasi nasional dan internasional.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Ammar Abyan , A., & Suhendro , T. (2024). PENGARUH NANO TITANIUM DIOKSIDA TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI. Prosiding University Research Colloquium, 19. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2722