Front Matter

Authors

  • Dyah Mutiarin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Assalamu 'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil 'alamin segala puji kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga pelaksanaan The 17th University Research Colloquium (Urecol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2023 yang diselenggarakan pada 11 Maret 2023 berjalan dengan sukses dan lancer. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Riset dan Inovasi menyelenggarakan Urecol ke-17 di Gedung Pascasarjana UMY. Tahun ini Urecol ke-17 mengusung tema "Penguatan Riset, Inovasi, dan Pengabdian untuk Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta". Tema yang diambil tersebut fokus terhadap penguatan riset dan teknologi baik oleh civitas akademika UMY maupun Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) sacara umum.

Penyelenggaraan Urecol 17th merupakan upaya untuk memperkuat tiga (3) area akademik yakni: penguatan pada bidang riset, inovasi, dan pengabdian masyarakat serta publikasi. Kemudian, tiga (3) area akademik tersebut terserap kedalam enam (6) bidang atau fokus penelitian yang diantaranya adalah: 1) Bidang MIPA dan Kesehatan, 2) Bidang Pendidikan, Humaniora, dan Agama, 3) Bidang Sosial, Ekonomi, dan Psikologi, 4) Bidang Teknik dan Rekayasa, 5) Bidang Kebencanaan, 6) Student Paper dari mahasiswa ditambah dengan 7) Bidang Pengabdian Masyarakat. Momentum penyelengga Urecol ke-17 juga turut berhasil memanfaatkan setiap momentum perkembangan zaman yang terus berubah. Upaya ini selaras dengan iklim akademik yang tercipta melalui penyelenggaran Urecol ke-17 sehingga mampu untuk menyelaraskan perkembangan teknologi dengan mendiseminasikan hasil riset dan inovai yang bermuara pada kemanfaatan bagi masyarakat.

Proceeding The 17th University Research Colloquium sebagai salah satu luaran dalam Urecol ke-17 ditujukan sebagai media diseminasi hasil dan luaran penelitian maupun pengabdian masyarakat yang melibatkan banyak stakeholder seperti: para peneliti, praktisi, dosen dan mahasiswa. Kami selaku panitia yang menyelenggarakan Urecol ke-17 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta yang turut berkontribusi dalam forum akademik ini. Kami sampaikan rasa terimakasih yang sebesarbesarnya juga kepada para Editor in Chief jurnal mitra Urecol baik yang berasal dari UMY maupun non UMY serta Editor in Chief Jurnal internal Urecol. Alhamdulillah pada tahun ini Urecol ke-17 berhasil menggaet total keseluruhan sebanyak 48 Jurnal dengan sebaran 28 Jurnal bidang Eksakta dan 20 Jurnal bidang ilmu sosial. Akhir kata, kami berharap bahwa proceeding ini mampu berdampak luas dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah kondisi masyarakat yang semakin dinamis.

Wassalamu 'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Mutiarin, D. (2023). Front Matter. Prosiding University Research Colloquium. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2652