Efektivitas Terapi Pengobatan Berdasarkan Umur dan Lama Rawat Pasien Congestive Heart Failure (CHF) di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Wulan Agustin Ningrum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Widya Febriyani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Ainun Muthoharoh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

CHF, efektivitas, lama rawat, umur

Abstract

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang juga menjadi penyebab kematian nomer satu di dunia, Dalam pemberian terapi pengobatan pada pasien obat yang diberikan sangat berhubungan dengan efektivitas terapi, sehingga diperlukan suatu evaluasi pengobatan dengan tujuan memperoleh efek yang maksimal. Faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, sikap dan pengetahuan diketahui berhubungan dengan hasil pengobatan seseorang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pengobatan dan hubungannya dengan umur dan lama rawat pasien, metode dalam penelitian ini merupakan metode cross sectional dengan sempel yang diambil berupa rekam medis pasien CHF sebanyak 180 rekam medis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pasien laki-laki sebanyak 50,6%yang lebih banyak dari pasien perempuan, dan persentase terbesar ada pada kelompok lansia akhir. Rata-rata pasien CHF menjalani rawat inap selama 3 hari dengan hasil efektivitas pengobatan sebesar 94,5%. Setelah dilakukan uji korelasi antara umur dan efektivitas pengobatan tidak ada korelasi dengan nilai signifikasi > 0,05, sedangkan uji korelasi lama rawat dengan efektivitas memiliki nilai signifikasi < 0,05 yang berarti memiliki korelasi.Kesimpulan dari penelitian ini efektivitas terapi pasien CHF tahun 2021 sebesar 94,5 % dan karaktersitik yang memiliki hubungan dengan efektivitas engobatan adalah karaktersitik lama rawat inap.

References

Aliyah, Siti., Yulian Wahyu Permadi., St Rahmatullah., dan Ainun Muthoharoh.,”Efektivitas Biaya Penggunaan Antibiotik Pasien ISPA Pediatri di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun 2019”, Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Vol.1, 2021.

Asmawati., dan nur Elly., “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Lama Rawat Pasien Laparatomi di Rumah Sakit Dr M Yunus Bengkulu”, Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2) 2016.

Christo Paat, Toar calvin., Kadek Ayu Erika., Ariyanti Saleh., "Efektivitas Terapi Komplementer Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Pada Gagal Jantung", Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 2020.

Hamzah, Rori., Widaryati., & Darsih., “Hubungan Usia dan Jenis Kelamin dengan Kualitas Hidup pada Penderita Gagal Jantung di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta”, Naskah publikasi , Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, 2016.

Juwita, Dian Ayu., Almahdy Almahdy., dan Rizka Afdhila., “Pengaruh Karakteristik Pasien Terkait Kesehatan Pasien Kanker Payudara di RSUP Dr.M Djamil Padang”, Jurnal sains farmasi & klinis, Vol 5, No.2, 2018.

Karno, Karina Danisha I., Nelly Al-Audhah, & Abdurahman Wahid., “Hubungan Riwayat Penyakit Sistemik dengan Perawatan Pasien Gagal Jantung di Blud UlinBanjarmasin”, Jurnal kesehatan, Vol.2 (68-74), 2014.

Kemenkes RI. (2014).Situasi Kesehatan jantung di Indonesia. Jakarta: http://p2ptm.kemkes.go.id.

Kemenkes RI. (2019). Situasi Kesehatan Jantung di Indonesia.Jakarta: https://www.kemkes.go.id/.

Kraai, I.H., Vermeulen, K.M., Hillege, H.L.,Jaarsma, T., & Hoekstra, T., “Optimism and Quality of Life in Patients With Heart Failure”, Palliative and Supportive Care, 2017.

Kristiani, Fetri., Maksum Radji., Alfina Rianti.,”Evaluasi Penggunaan Antibiotik Secara Kualitatif dan Analisis Efektivitas Biaya pada Pasien Pediatri di RSUP Fatmawati Jakarta”, Jurnal Sains Farmasi dan Klinis, Vol 6 No.1, 2019.

Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2012.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia.,Pedoman Tatalaksana Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Pada Perempuan, PERKI. 2015.

Pibernat, A., Duran, X., Garin, O., Enjuanes, C., Dalf, A., Capdevila.C., Comin colet, J., “Nursing Knowledge Of The Principles Of Slef Care Of Heart Failure In Primary Care:A Multicentre Study”, Scandian Journal of Caring Science, No.4, 2019.

Riskesdas. (2018) Riset Kesehatan Dasar Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta: https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/.

Utaminingrum, Wahyu., Jessy Endra Lestari., dan Anjar Mahardian Kusuma.,”Pengaruh Faktor-Faktor Sosiodemografi Terhadap Rasionalitas Penggunaan Obat dalam Pengobatan Sendiri pada Pasien Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolains)”, Farmasains, Vol 2 No.6, 2015.

Wahyuningtyas, Lucia. A.,“Efektivitas Penggunaan Obat Pasien Congestive Heart Failure (CHF) di Rawat Inap Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta Perode Juli- Desember 2012”, Skripsi, Fakultas Farmasi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta,
2014.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Ningrum, W. A., Febriyani, W., & Muthoharoh, A. (2023). Efektivitas Terapi Pengobatan Berdasarkan Umur dan Lama Rawat Pasien Congestive Heart Failure (CHF) di RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 1765–1772. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2622