Penerapan Edukasi Isi Buku Kia pada Ibu Hamil Multigravida di Desa Ketitanglor dan Desa Jagung untuk Meningkatkan Pengetahuan

Authors

  • Winda Fitriyani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • I Isyti'aroh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

buku KIA, edukasi, multigravida

Abstract

Buku KIA oleh sebagian ibu hamil masih dianggap sebagai catatan kehamilan saat dilakukan pemeriksaan kehamilan, padahal buku KIA menjadi pedoman bagi ibu hamil yang isinya sangat penting untuk perawatan kehamilan dan deteksi dini komplikasi kehamilan. Tujuan dari studi kasus ini menggambarkan penerapan edukasi isi buku KIA untuk meningkatkan pengetahuan pada ibu hamil multigravida yang pengetahuannya belum baik tentang isi buku KIA. Metode dalam karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus pada dua ibu hamil multigravida yang dilaksanakan pada tanggal 15-19 Juni 2022 di Desa Ketitanglor dan Desa Jagung. Instrument menggunakan lembar kuesioner pengetahuan tentang isi buku KIA yang telah dibuat penulis, dan video edukasi isi buku KIA. Hasil studi kasus menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada kedua ibu hamil multigravida yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest kedua ibu hamil. Pada ibu hamil I, nilai pretest 75 (cukup) dan nilai posttest 100 (baik). Pada ibu hamil II, nilai pretest 70 (cukup) dan nilai posttest 95 (baik) (rentang nilai 10- 100). Simpulan studi kasus adalah penerapan edukasi isi buku KIA dapat meningkatkan pengetahuan tentang isi buku KIA pada kedua ibu hamil multigravida. Saran bagi petugas kesehatan adalah diharapkan dapat menerapkan edukasi isi buku KIA pada ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merawat kehamilannya hingga kelahiran bayi.

References

[1] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta,” Indonesia: Kementerian Kesehatan RI, 2020.
[2] Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. “Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020”.
[3] Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. “Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019”.
[4] D. Indriyani. “Keperawatan Maternitas pada Area Perawatan Antenatal,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
[5] A. Sofian. “Rustam Mochtar Sinopsis Obstetri: Obstetri Operatif, Obstetri Sosial, Ed. 3. Jilid 2,” Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2013.
[6] E. Eka Hatini. “Asuhan Kebidanan Kehamilan,” Wineka Media: Malang, 2018.
[7] M. Damayanti. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Melalui Pemanfaatan Buku KIA Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Tanjungpinang,” Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , vol 1 no. 2, pp 147- 151, 2019.
[8] W. Widi Astuti, I. Sofiyanti, dan A. Widyaningsih. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung,” In Prosiding Seminar Nasional & Internasional , Vol. 1, No. 1, pp 19-29, 2016
[9] E. Retnaningtyas, R. Palupi Yoni Siwi, A. Wulandari, H. Qoriah, D. Rizka, R. Qori, ... dan S. Malo. “Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Melalui Edukasi Mengenai Tanda Bahaya Kehamilan Lanjut di Posyandu Sampar,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 2, no. 2, pp 25-30, 2022.
[10] F. Ikhtiarinawati Fajrin, dan K. Nikmah. “Pemahaman Buku Kia Melalui Kelas Ibu Hamil,” Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri) , vol 6, no. 3, pp 2123-2130, 2022.
[11] Tim Pokja SDKI DPP PPNI. “Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia,” Jakarta: DPP PPNI, 2017.
[12] A. Sulistianingsih dan D. Istiqomah Hasyim. “Analisis Hubungan Penggunaan Buku KIA Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kesehatan Ibu,” Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, vol 2, no. 1, pp 55-62, 2018.
[13] D. Isti Angraini, A. Karyus, S. Kania, M. Indah Sari, dan E. Imantika. “Penerapan eKIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Elektronik) dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil di Era New Normal,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai, vol. 5, no.1, pp 66-69, 2020.
[14] A. Hendra Al Rahmad dan A. Almunadia. “Pemanfaatan media flipchart dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang konsumsi sayur dan buah,” Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, vol 17, no. 3, pp 140-146, 2017.
[15] W. Waryana, A. Sitasari, dan D Wulan Febritasanti. “Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik,” AcTion: Aceh Nutrition Journal , vol 4, no. 1, pp 58-62, 2019.
[16] M. Arif Azhari dan A. Fayasari. “Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah,” AcTion: Aceh Nutrition Journal , vol 5, no. 1, pp 55-61, 2020.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Fitriyani, W., & Isyti’aroh, I. (2023). Penerapan Edukasi Isi Buku Kia pada Ibu Hamil Multigravida di Desa Ketitanglor dan Desa Jagung untuk Meningkatkan Pengetahuan. Prosiding University Research Colloquium, 1750–1756. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2620