Deteksi Dini Kelainan Tumbuh Kembang Anak Dan Pelayanan Fisioterapi Komunitas Difabel

Authors

  • W Wijianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anisa Asri Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Listya Triandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yeni Setyaningratri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Tarbiyah Akbar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bagas Satrio Wibowo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ilham Subagiyo S Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anita Maharani Sudarwanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yunidar Niken Ayu Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Syavira Nooryana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Isti Nabila Nur Afifah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

tumbuh kembang, deteksi dini, penyuluhan, Desa Kendel

Abstract

Masa tumbuh kembang adalah masa yang sangat penting, karena tumbuh kembang memengaruhi dan menentukan kemampuan anak kedepannya. Deteksi dini adalah upaya penyaringan yang dilaksanakan untuk menemukan penyimpangan kelainan tumbuh kembang secara dini dan mengetahui serta mengenal faktor-faktor resiko terjadinya kelainan tumbuh kembang tersebut. Permasalahan utama yang terdapat di Desa Kendel adalah minimnya pengetahuan orang tua tentang tumbuh kembang anak normal dan banyaknya kasus Delay develompment yang terjadi pada desa kendel. Pelayanan fisioterapi melalui edukasi tentang deteksi dini pada anak dengan memberikan penyuluhan fisioterapi. Penyuluhan dikemas dengan metode presentasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta. Setalah dilakukan penyuluhan peserta menjadi lebih perhatian dalam memperhatikan tumbuh kembang anak dan dapat mendeteksi dini secara mandiri, agar ketika anak terjadi masalah tumbuh kembang orang tua tidak terlambat untuk memberikan penanganan awal yang tepat pada gangguan tumbuh kembang anak.

References

[1] Hendrawati. (2018). Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) pada Anak Usia 0-6 Tahun. MKK, 1(1). https://doi.org/10.2419.
[2] Kementerian Kesehatan RI. 2016. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Situasi Balita Pendek. Jakarta Selatan.
[3] Lindayani, & Komang. (2020). Bimbingan Pada Kader dalam Mendeteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Balita Berbasis Android di Wilayah Kerja Puskesmas Sukawati II Kabupaten Gianyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sehat, 2(1).
[4] Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
[5] Rumah Sakit JIH. (2021). Fisioterapi Anak dan Tumbuh Kembangnya. Rs-Jih. https://www.rs-jih.co.id/readmore/fisioterapi-anak-untuk-tumbuh-kembangnya.
[6] Wahyuningrum, P., & Susanti, N. (2021). Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Delay Development Dengan Halliwick Dan Neuro Development Treatment Underwater In Ypac Surakarta. Jurnal PENA, 35(1), 25–36.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Wijianto, W., Pratiwi, A. A., Triandari, L., Setyaningratri, Y., Akbar, M. T., Wibowo, B. S., … Afifah, I. N. N. (2023). Deteksi Dini Kelainan Tumbuh Kembang Anak Dan Pelayanan Fisioterapi Komunitas Difabel. Prosiding University Research Colloquium, 1727–1734. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2617