Studi Deskriptif Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini di Azzamil School Pekalongan

Authors

  • Wahyu Ersila Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Risqi Dewi Aisyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Siti Rofiqoh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Susri Utami Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

pola asuh, anak usia dini

Abstract

Anak merupakan salah satu aset dan generasi pembangun bagi masa depan untuk kearah yang lebih baik bagi bangsa dan negara serta tentunya bagi orang tua sebagai penerus keturunannya. Anak usia dini mendapatkan pembinaan pertama dan utama dilakukan di lingkungan rumah kemudian dilingkungan sekolahnya. Oleh sebab itu peran orang tua sangat berarti dan penting karena memiliki andil besar dalam perkembangan anak. Setiap orang tua memiliki keunikan dan ciri tersendiri dalam mendidik anaknya. Pola asuh yang diterapkan pada anak sesuai dengan usia anak akan membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini juga akan memberikan pengaruh pada kehidupan anak di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak usia dini di Azzamil School Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian ini sejumlah 116 dengan teknik exhaustive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 20 pertanyaan. Hasil pengolahan disajikan dalam distribusi frekuensi. Hasil penelitian diperoleh gambaran mengenai pola asuh orang tua yaitu sebanyak 87 responden (75%) memiliki pola asuh demokratis, 17 responden (14,7%) pola asuh permasif, 7 responden (6%) pola asuh otoriter dan 5 responden (4,3%) memiliki pola asuh tidak terlibat. Sebagian besar pola asuh yang dimiliki orang tua pada anak usia dini di Azzamil school adalah pola asuh demokratis. Tenaga kesehatan, khususnya bidan diharapkan dapat memberikan pendekatan kepada orang tua khususnya ibu untuk memberikan informasi mengenai pola asuh melalui kegiatan parenting class agar dapat mendukung dan memaksimalkan perkembangan anak.

References

[1] Y. Supartini, Buku Ajaran Konsep Dasar Keperawatan Anak, Jakarta: EGC, 2012.
[2] S. Yuniarti and M. Andriyani, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016,” Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jenderal Achmad Yani (SNIJA), 2017, pp. 103-111.
[3] Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
[4] J. Muslimah, M. Maghfiroh, and R. Astuti, “Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini ( Studi Kasus di Tk Al-Ghazali Jl . Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan ),” KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , vol. 1, 2020, pp. 1-9.
[5] S. Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
[6] C.W.P. Sari, “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 2, 2020, pp. 76-80.
[7] A.I. Santosa, Z. Rafli, and N. Lustyantie, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman,” Jurmal Pendidikan Bahasa dan Sastra, vol. 18, 2018, pp. 69-80.
[8] K. Dewi, I. Murda, and I. Astawan, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa,” MIMBAR PGSD Undiksha, vol. 8, 2020, pp. 50-60.
[9] U. Hasanah, “Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak,” Jurnal Elementary, vol. 2, 2016, pp. 72-82.
[10] P.A.S.C. Dewi and H. Khotimah, “POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19,” Seminar Nasional Sistem Informasi , 2020, pp. 2433- 2441.
[11] R.N. Sukamto and P. Fauziah, “Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Kota Pontianak,” Universitas Stuttgart, vol. 5, 2021, pp. 923-930.
[12] A.F. Putri, “Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya,” Indonesian Journal of School Counseling, vol. 3, 2019, pp. 35- 40.
[13] C.D. Ashari, U.N. W, and S. Susmini, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di PAUD Kecamatan Magelang Selatan,” Nursing News, vol. 2, 2017, pp. 565-579.
[14] R. Nurhayanti, D. Novotasari, and N. Natalia, “Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Di Sma Kabupaten Semarang,” Jurnal Keperawatan Jiwa, vol. 1, 2013, pp. 49-59.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Ersila, W., Aisyah, R. D., Rofiqoh, S., & Utami, S. (2023). Studi Deskriptif Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini di Azzamil School Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 1705–1711. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2614