Upaya Pencegahan HIV/AIDS Melalui Edukasi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Remaja Di Desa Pekuncen Kabupaten Kebumen

Authors

  • Tri Cahyani Widiastuti Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Eka Wuri Handayani Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Kukuh Puji Rahayu Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Laras Sinta Wukirsari Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

HIV/AIDS, Pengetahuan;, Pencegahan

Abstract

HIV/AIDS menjadi permasalahan global dan dunia. Di Indonesia banyak ditemukan kasus ODHA. Kasus ODHA paling banyak ditemukan di Provinsi Jawa Tengah. Pada tahun 2021, Kabupaten Kebumen menduduki posisi ketiga penemuan kasus HIV tertinggi dan posisi pertama penemuan kasus AIDS tertinggi. HIV/AIDS menjadi salah satu penyakit yang sangat membunuh dikalangan remaja. Salah satu upaya untuk mencegah HIV/AIDS adalah dengan edukasi kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS dan cara pencegahannya. Metode yang dilakukan yaitu dengan metode Pre Test – Post Test Design yaitu dengan melakukan intervensi berupa penyuluhan dan pembagian leaflet. Lokasi kegiatan di Balai Desa Pekuncen yang diikuti oleh peserta remaja. Dari hasil uji statistik wilcoxon antara nilai pretest dan postest diperoleh nilai p=0,000 yang artinya terdapat pengaruh antara pemberian edukasi dan leaflet terhadap tingkat pengetahuan remaja mengenai HIV/AIDS.

References

[1] Kemenkes RI, Infodatin. Jakarta, 2020.
[2] Kemenkes RI, Program Pengendalian HIV AIDS dan PIMS Fasilitas kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.
[3] Kemenkes RI, Laporan Perkembangan HIV AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan I Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2021.
[4] Pemerintah Kabupaten Kebumen, Angka Kasus AIDS di Kebumen. Kebumen: Pemkab Kebumen, 2022.
[5] D. Purnamawati, Pendidikan kesehatan HIV AIDS. Karawang: STIKES Kharisma Karawang, 2016.
[6] N. afi Darti and F. Imelda, “Upaya Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS Melalui Peningkatan Pengetahuan dan Screening HIV/AIDS Pada kelompok Wanita Beresiko di Belawan Sumatera Utara,” J. Ris. hesti medan, vol. 4 (1), 2019.
[7] L. Nurhanifah, “Upaya menurunkan Angka HIV/AIDS pada Kalangan Remaja dan Usia Muda Melalui Konseling Sebaya,” IIK Str. Indones., 2018.
[8] N. Azizah, S. M. Sarumpact, and R. Lubis, “Analisis Pengetahuan dan Sikap tentang HIV/AIDS dan Bahaya Narkoba pada Siswa Laki - laki MAN 1 Medan Tahun 2016,” 2016.
[9] T. Arini and A. al Khasanah, “Peningkatan Pencegahan HIV-AIDS Kepada Remaja Melalui Pelaksanaan Edukasi Melalui Metode Peer Education,” J. Bhakti Civ. Akad., vol. 4, 2021.
[10] Notoadmojo, Pendidikan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Widiastuti, T. C., Handayani, E. W., Rahayu, K. P., & Wukirsari, L. S. (2023). Upaya Pencegahan HIV/AIDS Melalui Edukasi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Remaja Di Desa Pekuncen Kabupaten Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 1664–1669. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2608