Hubungan Asupan Zink, lemak Dan Lingkar Perut Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II

Authors

  • Tiya Wahyuningsih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Retno Dewi Noviyanti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Asupan Zink, Lemak, Lingkar Perut, Kadar Gula Darah, Diabetes Mellitus

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu kondisi dimana kadar gula di dalam darah lebih tinggi daripada biasa atau normalnya. Penderita DM memiliki kadar zink yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan orang normal. Peningkatan kasus DM terjadi karena pola konsumsi tinggi lemak dan mempunyai kebiasaan aktivitas fisik yang rendah sehingga meningkatnya kasus overweight dan obesitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan asupan zink, lemak dan lingkar perut dengan kadar gula darah pada pasien Diabetes Mellitus tipe II di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 33 pasien Diabetes Mellitus Tipe II. Pengumpulan data asupan zink dan lemak dengan wawancara dengan metode Semi Quantitatif Food Frequency Questionnaire (FFQ), pengukuran lingkar perut dengan pita ukur dan kadar gula darah dengan melihat catatan rekam medik. Analisis data menggunakan Pearson Product Moment dan Rank Spearman. Hasil penelitian ini sebagian besar sampel memiliki asupan zink kurang (90,91%), asupan lemak sedang (64,63%), lingkar perut obesitas abdominal (69,70%), dan kadar gula darah pradiabetes (64,63%). Hasil analisis hubungan asupan zink dengan kadar gula darah (p = 0,056), hubungan asupan lemak dengan kadar gula darah (p = 0,171) dan hubungan lingkar perut dengan kadar gula darah (p = 0,070). Simpulannya adalah tidak ada hubungan asupan zink, lemak dan lingkar perut dengan kadar gula darah pada pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

References

[1] Kumala, R.N, „?Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Diabetes Melitus,?? Skripsi. Program studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu dan Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang, 2018.
[2] Dinas Kesehatan Kota Surakarta, „?Dinas Kesehatan Kota Surakarta,?? 2017.
[3] Samsuria, I.K., Judiono, dan Widiastuti, Y, „?Aspek Molekuler Hubungan Asupan Zinc dan Selenium dengan Hemoglobin Glikosilasi pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II,?? Biota, vol 1, no. 1, pp. 19-25, 2016.
[4] Amanda, E., dan Bening, S, „?Hubungan Asupan Zink, Magnesium, Dan Serat Dengan Kadar Gula Darah Puasa Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di RS PKU Muhammadiyah Temanggung,?? Jurnal Gizi, vol 8, no. 2, pp. 87-94, 2019.
[5] Fauzi, A, „?Hubungan Asupan Karbohidrat, Lemak dan Protein dengan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Rawat Jalan RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang,?? Thesis. Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang, 2018.
[6] Pradini, R.N, „?Hubungan Antara Lingkar Perut Dan Fungsi Kognitif Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Purnama Kota Pontianak,?? Naskah Publikasi. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, 2016.
[7] Adwinda, M.D., dan Srimiati, M, „?Hubungan Lingkar Perut, Konsumsi Gula Dan Lemak Dengan Kadar Glukosa Darah Pegawai Direktorat Poltekes Kemenkes Jakarta II,?? Nutrire Diaita, vol 11, no. 1, pp. 7-17, 2019.
[8] Lanywati, „?Diabetes Melitus Penyakit Kencing Manis,?? Yogyakarta: Kanisius, 2011.
[9] Kementerian Kesehatan RI, „?Situasi dan Analisis Diabetes,?? Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2014.
[10] Kusumastuti, D.U.N, „?Pengaruh Pemberian Teh Rambut Jagung Terhadap Kadar Gula Darah Pada Lansia Penderita Diabetes Mellitus Di Wonogiri,?? Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhhamadiyah Surakarta, 2017.
[11] Putri, F.R., „?Hubungan Asupan Seng Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Lansia Di Posyandu Lansia “Ngudi Waras” Di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah,?? Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.
[12] Ridho, M.R, „?Hubungan Asupan Lemak Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Puskesmas Tawangsari Sukoharjo??, Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.
[13] Shetty, P., Kumanyika, S., Tin-Choi, KG., Lear, S., Sørensen, T., and Zimment, P, „?Waist circumference and waist-hip ratio: report of WHO expert consultation?? Geneva.?? vol 12, pp. 8-11, 2011.
[14] Kementerian Kesehatan RI, „?Riset Kesehatan Dasar,?? Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2013.
[15] Huang, L.H., Liao, Y.L., and Hsu C.H, „?Waist circumference is a better PI predictor than body mass index of insulin resistance in type 2 diabetes,?? Obesity research & clinical practice, vol 6, no. 4, pp. 314-320, 2012.
[16] Arolyumna, A., dan Mintarsih, S.N, „?Hubungan Pola Makan Dan Asupan Karbohidrat Dengan Kadar Glukosa Darah Peserta Prolanis Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang,?? Jurnal Riset Gizi, vol 3, no. 1, pp. 1-6, 2015.
[17] Ujiani dan Azizah, „? Hubungan Asupan Energi Dengan Jenis Kelamin Pada Lansia Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Kediri,?? Jurnal Skripsi , Jember: Universitas Jember, 2014.
[18] Septyaningrum, N., dan Martini, S, „?Lingkar Perut Mempunyai Hubungan Paling Kuat dengan Kadar Gula Darah,?? Jurnal Berkala epidemiologi , vol 2, no. 1, pp. 48- 58, 2014.
[19] Suprapti, D, „?Hubungan Pola Makan Karbohidrat, Protein, Lemak Dengan Diabetes Mellitus Pada Lansia,?? Jurnal Borneo Cendekia, vol 1, no. 1, pp. 8-20, 2017.
[20] Manungkalit, M., dan Purbosari, A.D, „?Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Faktor Risiko Diabetes Mellitus (Tekanan Darah, Kadar Gula Darah Dan Indeks Massa Tubuh) Pada Usia Dewasa Awal Di Wilayah Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi (Correlation Between Waist Circumference and Diabetes Mellitus Ris,?? Jurnal NersLENTERA, vol 3, no. 1, pp. 21-30, 2015.
[21] Juwita, E., Susilowati., Mauliku., N.E., dan Nugrahaeni, D.K, „?Faktor Yang Berhubungan Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Di Prolanis Puskesmas Kecamatan Cimahi Tengah,?? Journal Of Nutrition College,vol 9, no. 2, pp. 87-93, 2020.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Wahyuningsih, T., Noviyanti, R. D., & Kusudaryati, D. P. D. (2023). Hubungan Asupan Zink, lemak Dan Lingkar Perut Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II. Prosiding University Research Colloquium, 1655–1663. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2607