Analisis Manajemen Inventaris Obat Di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Authors

  • St. Rahmatullah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Urmatul Waznah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Yulian Wahyu Permadi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Windha Widyastuti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Stok Mati Obat, Obat Kadaluwarsa, Nilai Stok Akhir Obat

Abstract

Manajemen obat yaitu salah satu rangkaian kegiatan yang paling penting penting dan mendapatan dana dari pemerintah sebesar 40-50% dari dana alokasi kesehatan yang menyangkut aspek perencanaan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian. Manajemen obat dilakukan agar tersedianya obat setiap saat dibutuhkan baik dari jenis, jumlah maupun kualitas secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen inventaris obat di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dilihat dari indikator stok mati obat, obat kadaluwarsa dan nilai stok akhir obat. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu cross sectional dan metode survai analitik dengan analisis data menggunakan Analyze frequencies (SPSS 21). Alat penelitian yang digunakan yaitu data LPLPO tahun 2021 di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sebagi sumber data. Hasil persentase stok mati obat tahun 2021 sejumlah 16,7%, hasil persentase stok obat kadaluwarsa sejumlah 11,4% dan hasil persentase stok kekurangan obat 0,9% dan hasil stok berlebih sejumlah 91,3% hal ini menandakan bahwa proses manajemen obat yang dilihat dari indikator stok mati obat, obat kadaluwarsa dan nilai stok akhir obat di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang belum efisien.

References

Akbar, N.H Kartinah dan Wijaya C, “Analisis Manajemen Penyimpanan Obat di Puskesmas Se-Kota Banjarbaru.” Manajemen dan Pelayanan Farmasi, vol. 6, no. 4, pp. 255-260, 2016.

Djuna, S. Arifin dan Darmawansyah, Studi Manajemen Pengelolaan Obat di Puskesmas Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin Makasar, 2014.

Sri Irmawati, Sultan dan Nurhannis, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu,” Katalogis, vol. 5, no. 1, pp. 188-197, 2017.

Kementrian Kesehatan RI, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Jakarta, 3-8, 2014. Kementrian Kesehatan RI, Peraturan Menteri Kesehatan RI No 30/Menkes/PerVII/2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Depkes RI, Jakarta, 2014.

Mangindara, Darmawansyah, Nurhayani dan Balqis, “Analisis Pengelolaan Obat di Puskesmas Kampala Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Tahun 2011,” AAK, Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin, vol. 1, no. 1, 2012.

Palupiningtyas R, Analisis Sistem Penyimpanan Obat di Gudang Farmasi Rumah Sakit Mulya Tanggerang Tahun 2014. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Islam Jakarta, 2014. Satibi, Manajemen Obat di Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2014.

Wirda W. R, Fudholi A. dan Gunawan P.W, “Evaluasi Pengelolaan Obat dan Strategi Perbaikan Dengan Metode Hanlon di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitun Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2012,”Prosiding Seminar Nasional Perkembangan Terkini Sains dan Klinik III, pp. 247-257, 2013.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rahmatullah, S., Waznah, U., Permadi, Y. W., & Widyastuti, W. (2023). Analisis Manajemen Inventaris Obat Di Puskesmas Sarwodadi Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Prosiding University Research Colloquium, 1577–1583. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2597