Pengaruh Edukasi Personal Hygiene Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Penjamah Makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo

Authors

  • Salsabila Nur Azizah Harinda Putri ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Marfuah ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Personal Hygiene, Leaflet, Pengetahuan, Perilaku, Penjamah Makanan

Abstract

Personal hygiene merupakan perilaku bersih, aman dan sehat penjamah makanan untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan mulai dari persiapan bahan makanan sampai penyajian makanan. Salah satu faktor yang mempengaruhi personal hygiene adalah perilaku dan pengetahuan. Tujuan: mengetahui pengaruh edukasi personal hygiene terhadap pengetahuan dan perilaku penjamah makanan. Metode penelitian: menggunakan metode two groups pre-test post-test. Teknik sampling penelitian yaitu sampel jenuh. Sebanyak 30 orang sampel penelitian yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data pengetahuan diperoleh dengan kuesioner pengetahuan personal hygiene. Data perilaku diperoleh dengan lembar observasi personal hygiene. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil: Perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi dengan media leaflet (p=0,001). Perbedaan perilaku sebelum dan sesudah edukasi dengan media leaflet (p=0,009). Perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi tanpa media (p=0,000). Perbedaan perilaku sebelum dan sesudah edukasi tanpa media (p=0,144). Perbedaanpengetahuan sebelum edukasi dengan media leaflet dan tanpa media (p=0,488). Perbedaan perilaku sebelum edukasi dengan media leaflet dan tanpa media (p=0,041). Perbedaan pengetahuan sesudah edukasi dengan media leaflet dan tanpa media (p=0,540). Perbedaan perilaku sesudah edukasi dengan media leaflet dan tanpa media (p=0,685). Perbedaan selisih pengetahuan antara kelompok edukasi media leaflet dan tanpa media (p=0,041). Perbedaan selisih perilaku antara kelompok edukasi media leaflet dan tanpa media (p=0,048). Kesimpulan: ada pengaruh edukasi personal hygiene terhadap pengetahuan dan perilaku penjamah makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo.

References

[1] Karima, NE., Putri, R., Vitria, M., Mertien, S., dan Rachmanida, N. Cermin Edukasi Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Hygiene Personal Penjamah Makanan. Jurnal Riset Gizi. Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul Jakarta. 2020.
[2] Fitri, S. Pengaruh Penyuluhan Good Hygiene Practices (GHP) dengan Media Leaflet Terhadap Perubahan Perilaku Tenaga Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUD Dr. Rasidin Padang Tahun 2018. Skripsi. Program Studi S1 Terapan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang. 2018.
[3] Assidiqi, AS., Made D., Chandradewi., dan Suranadi, NL. Pengetahuan, Sikap dan Personal Hygiene Tenaga Penjamah Makanan di Ruang Pengolahan Makanan. Jurnal Gizi Prima. Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Mataram. 2019.
[4] Aulia, N., Widyana, L., dan Ayu, R. Pengaruh Media Kalender Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Personal Hygiene pada Penjamah Makanan. Jurnal Gizi. Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Pontianak. 3(1): 17-23. 2020.
[5] Widyawati, A. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Personal Hygiene Penjamah Makanan di Unit Istalasi Gizi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Skripsi Peminatan Kesehatan Lingkungan Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun. 2017.
[6] Patmawati., dan Arfiah. Gambaran Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Padang Timur Kecamatan Camapalagian, Poewali Mandar. Jurnal Kesehatan Masyarakat (J-Kesmas). 4 (2):113-135. 2018.
[7] Patmawati., dan Sumardi. Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Hygiene Perseorangan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. 9(2). 2020.
[8] Livana, PH., Yulianto, E., dan Hermanto, H. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Personal Hygiene terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal). 4(1): 1-6. 2018.
[9] Rahayu, S., dan Taupik, G. Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Nama dan Suara Hewan Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma. 17(1): 32-38. 2019
[10] Safitri, NRD., dan Deny, YF. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Jurnal Of Nutrition College. 5 (4): 374-380. 2016.
[11] Pratiwi, Bintang, A., Oktarianita, Henni, F., Nopia, W., dan Nova, K. Pendidikan Kesehatan terhadap Personal Hygiene Santri. Jurnal Kesmas Ascelepius. 3(1): 17-24. 2021.
[12] Amalia. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene Di Hotel Patra Jasa Semarang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang. 2016.
[13] Romanda, F., Priyambodo., dan Erika, DR. Hubungan Personal Hygiene dengan Keberadaan Escherichia Coli pada Makanan di Tempat Pengolahan Makanan (TPM) Buffer Area Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Biomedik. 8(1): 41-46. 2016.
[14] Nasution, AS. Hygiene Penjamah Makanan Menyebabkan Kontaminasi Escherichia Coli pada Jajanan Pasar Tradisional. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 3(1): 1-6. 2020.
[15] Pasanda, A. Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene di Hotel Patra Jasa Semarang. Skripsi. Program Studi S1 Gizi, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang. 2016.
[16] Kriastuti, D. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Hygiene Penjamah Makanan di Kantin SMA Muhamaddiyah 2 Surabaya. Jurnal Boga. 5(2). 2016.
[17] Tanaiyo, SNK., Dianti, DS., Fathimah., dan Amilia, YD. Tingkat Pengetahuan Hygiene dengan Perilaku Hygiene Perorangan pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Journal of Islamic Nutrition. 1(1): 18-25. 2018.
[18] Maghfirah, M., Sukismanto., dan Merita, E. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Praktik Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan di Sepanjang Jalan Raya Tajem Maguwoharjo Yogyakarta Tahun 2017. Jurnal Formil (Forum Ilmiah). 3(1).
2017.
[19] Susiyanti, E. Pengaruh Edukasi Terstruktur Terhadap Pemilihan Kontrasepsi Pada Ibu Menyusui 0-6 Bulan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. 2016.
[20] Butar, J. Pengaruh Pemberian Edukasi Terstruktur tentang Menstruasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi Kelas IV dan V dalam Menghadapi Menarche Di SDN 106453 Sukadamai Kabupaten Sedang Bedagai Tahun 2018. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Medan. 2018.
[21] Wibowo, AS., Suryani, M., dan Sayono. Hubungan Karakteristik Perawat dengan Penggunaan Sarung Tangan Pada Tindakan Invasif di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 1(4): 1-9. 2013.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Putri, S. N. A. H., Marfuah, D., & Kusudaryati, D. P. D. (2023). Pengaruh Edukasi Personal Hygiene Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Penjamah Makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo. Prosiding University Research Colloquium, 1514–1526. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2588