Uji Aktivitas Lilin Aromaterapi Daun Sereh (Cymbopogon Citratus) terhadap Tingkat Stres Mencit (Mus Musculus)

Authors

  • Riana Putri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Rika Murharyanti Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Fahrudin Arif Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Ratna Dewi Isnaini Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Elia Hardiani Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Penurun Stres, Lilin Aromaterapi Daun Sereh (Cymbopogon citratus), mencit (Mus musculus)

Abstract

Stres adalah respon tubuh yang tidak spesifik terhadap setiap kebutuhan tubuh yang terganggu, yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dihindari, setiap orangmengalaminya, stres memberi dampak secara total pada individu yaitu terhadap fisik,psikologis, intelektual, sosial dan spiritual, Tanaman sereh (Cymbopogon citrus) terutama batang dan daun bisa dimanfaatkan aromaterapi karena mengandung zat-zat seperti geraniol, sitronelal, sitronelol yang merupakan komponen dari minyak atsiri. Proses relaksasi akan berefek pada jalur neural dan neuroendokrin dibawah kontrol hipotalamus akan lebih cepat diaktifkan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas lilin aromaterapi daun sereh (Cymbopogon citratus) terhadap stress mencit (Mus musculus) pada masing-masing konsentrasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorium dengan metode post-test only with control group design. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak (SPSS) dengan uji statistik (ANOVA) dilanjutkan dengan uji post hoc. Hasil uji pemberian lilin aromaterapi daun sereh (Cymbopogon citratus) terhadap mencit (Mus musculus) yang telah di streskan pada konsentrasi 3% didapatkan hasil rata-rata 17,4 menit. Konsentrasi 5% didapatkan hasil rata-rata 12,4 menit. Konsentrasi 7% didapatkan hasil rata-rata 7 ,4 menit. Kontrol positif menggunakan lorazepam 2mg hasil yang didapat setelah mencit (Mus musculus) di streskan dengan hasil rata-rata 5,2 menit. Semakin tinggi konsentrasi lilin aromaterapi daun sereh (Cymbopogon citratus) maka semakin cepat efek relaksasi yang didapatkan dan konsentrasi yang paling optimal yaitu konsentrasi 7%.

References

[1] Sherwood, LZ.Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi 8.EGC, Jakarta. 2014:595- 677.
[2] Mahmud, R., Uyun, Z. Studi Deskriptif Mengenai Pola Stres Pada Mahasiswa Praktikum. Jurnal Indigenous. 2016;1(2):52-59.
[3] Gaol, L.T.N. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Jurnal Buletin Psikologi. 2016;24(1);1-11.
[4] Aseptianova., Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Untuk Pengobatan Keluarga Di Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Sukarami-Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 2019; 4(1):1-2.
[5] Feriyanto, E.Y., Sipahutar, J.P., Mahfud., Prihatini.Pengambilan Minyak Atsiri Dari Daun Dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon winterianus) Menggunakan Metode Distilasi Uap Dan Air Dengan Pemanasan Microwave. Jurnal Teknik Pomits. 2013;2(1):ISSN: 2337-3539.
[6] Sari, I.D., Yunita S.Mutu Fisik Dan Aktivitas Antibakteri Minyak Gosok Sereh Wangi (Cymbopogon nardus L.Rendle) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus.Jurnal Standar Nasional Indonesia. 2014: 1-2
[7] Dewi, P.A., Lusiyana, N. Uji Daya Tolak Lilin Aromaterapi Minyak Atsiri Serai (Cymbopogon Citratus) Terhadap Nyamuk Aedes Aegypti. Jurnal Balaba. 2020;16 (1):21-22.
[8] Shah, G., Shri, R., Panchal, V., Sharma, N., Singh, B., Mann, A.S.ScientificBasis For The Therapeutic Use Of Cymbopogon Citratus, Staf (Lemon grass).Jurnal Advanced Pharmaceutical Technology & Research.2011;2 (1), 3-8.
[9] Lasarius, A. Najaon, J. A., Wuisan J. Uji Efek Analgesik Ekstrak Daun Pepaya (Carica Pepaya (L.)) Pada Mencit (Mus Musculus).Jurnal e-Biomedik (eBM). 2013;1(2):790-795.
[10] Rauf, S. Penurunnya Kecemasan Tikus Ovariektomi Setelah Latihan Inverval Dengan Intensitas Tinggi.JKT. 2018;9(2):69-76.
[11] Puspita, A, W., Anggeline L. Analisis Potensi Interaksi Obat Golongan Antidepresan pada PasienSkizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Tahun 2016. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR) 2019;6(1):13-20.
[12] Sari, S.D., Widyaningrum, R.N.Pengaruh Aromaterapi Minyak Sereh (Cymbopogon citratus) Terhadap Pencegahan Postpartum Blues Pada Ibu Primipara Di RSUD Kabupaten Sukoharjo.Indonesian Journal On Medical Science.2018;5(1):7-10.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rahmawati, R. P., Murharyanti, R., Arif, F., Isnaini, R. D., & Hardiani, E. (2023). Uji Aktivitas Lilin Aromaterapi Daun Sereh (Cymbopogon Citratus) terhadap Tingkat Stres Mencit (Mus Musculus). Prosiding University Research Colloquium, 1376–1383. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2572