Hubungan Efikasi Diri dengan Burnout Pada Perawat di Ruang Intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen

Authors

  • Rayyasti Nur Asyifa Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Endah Setianingsih Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Barkah Waladani Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Burnout, Efikasi Diri, Perawat, Ruang Intensive

Abstract

Perawat sering menjalankan tugas mengalami kondisi kelelahan emosi dan kelelahan mental karena kewajiban dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarga. Hal ini tentu akan menciptakan tekanan pada perawat untuk mengalami kelemahan fisik, mental dan emosional yang disebut burnout. Kejadian burnout dipengaruhi oleh individu perawat itu sendiri, jika perawat sangat yakin dengan kemampuannya dalam melakukan pelayanan medis, maka kesukaran dan permasalahan yang dihadapi selama melakukan pelayanan medis akan teratasi dengan tepat. Kepercayaan diri yang dimiliki individu dalam melakukan tugas untuk mewujudkan tujuan tertentu dikenal sebagai efikasi diri. Tujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan burnout pada perawat di ruang intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling sejumlah 51 perawat di ruang intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan burnout pada perawat di ruang intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen dengan hasil p value = 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan burnout perawat di ruang intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti mengenai faktor – faktor yang berhubungan dengan efikasi diri dan burnout.

References

[1] S. E. Rikomah, “Farmasi Rumah Sakit,” Yogyakarta : Deepublish, 2017.
[2] S. Budiono, “Konsep Dasar Keperawatan,” Jakarta : Bumi Merdeka, 2016.
[3] D. P. Putri, “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Burnout Pada Perawat Ruang Rawat Inap Di RSUD Kota Madiun”, Skripsi, 2019.
[4] M. T. Dora dan H. A. Kadir, “Mengurus Stres,” Jakarta : PT Profesional Publishing, 2014.
[6] K. Zulkosky, “Self-Efficacy: a concept analysis,” In Nursing forum. BlackwellPublishing Inc, 2009.
[7] N. D. I. Prestiana dan D. Purbandini, “Hubungan Antara Efikasi Diri (self efficacy) dan Stress Kerja dengan Kerja (burnout) pada Peraa IGD dan ICU RSUD Kota Bekasi,” Soul, vol. 5, hal. 14, 2012.
[14] Dyan Anggryani Rambu, “Hubungan Efikasi Diri Dengan Burn Out Pada Perawat DI Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) RSUD S.K. Lerik Kota Kupang,” Skripsi, 2020.
[15] Ayuli Wildani, “Hubungan Antara Efikasi Diri Perawat Dengan Profesionalisme Perawat Di Ruang IGD Rumah Sakit Di Kabupaten Jember,” Skripsi, 2019.
[17] T. T. Pangestu, “Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Burnout Pada Perawat,” Skripsi, 2017.
[18] A. K. Atri dan N. Devi, “Relationship between professional commitment and selfefficacy of secondary teacher educators,” Advanced Education and Research. 2(4): 42–44, 2017.
[19] Juniartha dan Candra, “Hubungan Tingkat Self Efficacy dengan Tingkat Burnout pada Perawat di IGD RSUD Bandung Mangusada,” 2016.
[20] E. Bangun, “Efikasi Diri Mahaiswa Penyusun Skripsi .” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2018.
[21] R. Paun, “Ilmu Sosial dan Perilaku Kesehatan,” Kupang: Lima Bintang Kupang, 2016.
[23] H. A. H. Fattah, Fattah, “Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin Dan Efikasi Diri,” Yogyakarta: Elmatera (Anggota IKAPI), 2017.
[26] H. Harninda, “Hubungan Efikasi Diri dan Dukunngan Burnout pada Perawat,” Jurnal Vol 4 No 01, hal 31-34. Psikologi Indonesia. Jakarta: Universitas Merdeka Surabaya, 2015.
[28] D. N. P. Pamungkas, “Hubungan antara Self Efficacy Dengan Burnout Terhadap Perawat Rumah Sakit Jiwa,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
[30] N. Suseno, “Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi dan Sebagai Pelatih pada Mahasiswa,” Yogyakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2012.
[31] Z. Fismasari, “Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga dengan Kinerja Pada Perawat,” Program Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2013.
[32] M. Natsir dkk, “Hubungan Antara Self Efficacy dan Stress Kerja dengan Burnout pada Perawat dalam Melakukan Asuhan Keperawatan Pada RS Pemerintah di Kabupaten Semarang,” Jurnal Managemen Keperawatan . Volume 3, No. 1, Mei 2015; 30-3530, 2015.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Asyifa, R. N., Setianingsih, E., & Waladani, B. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Burnout Pada Perawat di Ruang Intensive RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Prosiding University Research Colloquium, 1349–1359. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2569