Implementasi Video Interaktif Dalam Pemberian Edukasi Tentang Abortus Remaja Di Desa Selokerto

Authors

  • Nurina Dewi Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Lutfia Uli Na'mah Universitas Muhammadiyah Gombong
  • S Sumarni Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Remaja putri, media edukasi video interaktif, dampak Abortus

Abstract

Dampak pergaulan bebas mengantarkan remaja pada perilaku menyimpang seperti seks bebas, akhirnya mengarah pada tindakan aborsi. Kasus aborsi menjadi salah satu penyumbang terbesar kematian di Indonesia, ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan remaja putri tentang dampak aborsi. Oleh karena itu, penulis tertarik mengimplementasikan video interaktif dalam pemberian edukasi dampak Abortus remaja putri. Tujuanya untuk mengetahui pengaruh media video interaktif terhadap pengetahuan remaja putri tentang dampak Abortus. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh dari skor kuesioner. Responden terdiri dari 6 orang remaja usia 15 – 18 tahun. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner pre-test dan post-test. Setelah dilakukan edukasi tentang dampak Abortus Remaja Putri dengan video interaktif terdapat peningkatan pengetahuan tentang dampak Abortus pada semua responden dengan kategori baik. Media edukasi video interaktif dapat membantu meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang dampak abortus.

References

[1] M. Sofyan and I. N. Putri, “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Remaja Tentang Dampak Aborsi,” vol. 4, no. 2, pp. 78–82, 2021, doi: 10.52774/jkfn.v4i2.82.
[2] H. Izzah, F. Yulianti, P. Kesehatan, and P. K. Bandung, “PENGARUH EDUKASI KESEHATAN VIDEO STOP MOTION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI,” vol. 2, no. 1, pp. 138–144, 2021.
[3] A. Hasil and P. Kepada, “Penyuluhan Tentang Bahaya Abortus Di SMA Negeri 1 Kairatu,” no. 1, pp. 224–227.
[4] A. W. Prabandari, “PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN BOOKLET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI,” 2018.
[5] S. Purwanti, “MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MODUL,” vol. IV, no. 1, 2015.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Dewi, N., Na’mah, L. U., & Sumarni, S. (2023). Implementasi Video Interaktif Dalam Pemberian Edukasi Tentang Abortus Remaja Di Desa Selokerto. Prosiding University Research Colloquium, 1284–1289. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2563