Penerapan Edukasi Menyusui Pada Ibu Multigravida Yang Bekerja Untuk Meningkatkan Pengetahuan

Authors

  • Ni'mah Hartati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • I Isyti'aroh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

ASI eksklusif, edukasi, ibu hamil yang bekerja

Abstract

Faktor yang mempengaruhi rendahnya pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja diantaranya karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran ibu akan pentingnya pemberian ASI bagi bayi dan menyusui bagi ibu. Tujuan studi kasus ini yaitu untuk menggambarkan penerapan edukasi ASI dan menyusui pada ibu hamil multigravida yang bekerja untuk meningkatkan pengetahuannya tentang ASI dan menyusui. Metode karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus. Subjek studi kasus yang digunakan yaitu dua ibu multigravida trimester 2 dan 3 yang bekerja dan mempunyai pengetahuan kurang tentang ASI dan menyusui serta ingin meningkatkan pengetahuannya tentang ASI dan menyusui. Studi kasus dilakukan dengan melakukan 5 kali kunjungan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disusun oleh penulis. Hasil studi kasus ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada kedua ibu hamil. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengkajian pengetahuan dengan kuesioner nilai pre test dan post test yang meningkat dari nilai 70 menjadi nilai 90 pada ibu hamil pertama dan pada ibu hamil kedua dari nilai 60 menjadi nilai 85 (dalam rentang nilai 10-100). Simpulan studi kasus ini adalah edukasi tentang ASI dan menyusui pada ibu multigravida yang bekerja dapat meningkatkan pengetahuannya tentang ASI dan menyusui. Saran bagi tenaga kesehatan diharapkan menerapkan edukasi menyusui untuk meningkatkan pengetahuan.

References

[1] I., Tri Rezeki & H., Setyowati, (2021). “ Hubungan dukungan suami dengan pemberian ASI eksklusif di BPM CITRA INSANI SEMARANG TAHUN 2020. ” (Doctoral dissertation, Universitas Ngudi Waluyo).

[2] S., R., Oktaviance, A., Br Sitepu, G., stery & N., Gunny (2022). “ Gambaran Deteksi Dini Anemia pada Ibu Hamil di Klinik Helen Tarigan Tahun 2021. “ Healthcaring: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(1), 36-48.

[3] A., Endra, W., Meiriza & R., Ayu Wahyuni (2020, June). “ Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pemerasan dan pemberian ASI bagi ibu menyusui yang bekerja. “ In Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN (Vol. 2622, p. 2256).

[4] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). “ Profil Kesehatan Indonesia. “ Jakarta: Kementrian Republik Indonesia.

[5] Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2019). “ Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. “ Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

[6] Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). “ Buku kesehatan ibu dan anak. “ Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

[7] E., Rumiyati, E., Nur Pratiwi & S., Nurjanah (2020). “ Pengaruh pendidikan kesehatan dengan audio visual terhadap pengetahuan dan motivasi ibu menyusui secara eksklusif di puskesmas Gambirsari Surakarta. “ Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan
(Journal of Midwifery Science and Health), 11(2), 19-24.

[8] A., Apriliani, K., Kuswanto & R., Runjati (2017). “ Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Hamil Primigravida Di Puskesmas Kapuan Tahun 2016. “ Jurnal Kebidanan,
6(13), 26-37.

[9] PPNI. (2017). “ Standar diagnosis keperawatan Indonesia: definisi dan indicator diagnostik. “ Edisi 1. Jakarta: DPP PPNI.

[10] L., Rosa Veronika Sinaga, E., Sianturi, dkk. (2021). “ Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku. “ Yayasan kita menulis. Diambil dari https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Kesehatan_dan_Ilmu_Perilaku/Yec_EAAAQBAJ?
hl=id&gbpv=1&dq=pendidikan+kesehatan&printsec=frontcover

[11] S., Lestari Dwi Astuti & A., Surasmi (2016). “ Pengaruh penyuluhan kesehatan tentang menyusui dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan ibu menyusui di Rumah Bersalin Wilayah Banjarsari Surakarta. “ Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 2 12-216.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Hartati, N., & Isyti’aroh, I. (2023). Penerapan Edukasi Menyusui Pada Ibu Multigravida Yang Bekerja Untuk Meningkatkan Pengetahuan. Prosiding University Research Colloquium, 1161–1167. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2548