Gambaran Tingkat Kemandirian Activities Daily Living Pada Lansia Di Panti Pelayanan Lanjut Usia Bojongbata Pemalang

Authors

  • Nailul Mu'sodah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Dyah Putri Aryati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Activities Daily Living, Barthel Index, Lansia

Abstract

Proses menua yang dialami lansia terjadi secara alami dan normal seiring bertambahnya usia dan tidak dapat dihindari. Dampak dari penuaan ini adalah penurunan dan kelemahan secara fisik. Penurunan fungsi tubuh ini mempengaruhi produktivitas dan Activities Daily Living (ADL) lansia. Yang terdiri dari makan, mandi, berpakaian, mobilitas tidak menggunakan alat bantu dan kegiatan sehari-hari lainnya tidak ketergantungan dengan orang lain akan mengalami gangguan pada kemandiriannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kemandirian (Activities Daily Living) pada lansia di panti sosial. Sampel penelitian ini adalah lansia yang berada di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Bojongbata Pemalang dengan jumlah 84 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Alat yang digunakan adalah kuesioner Barthel Index untuk mengukur tingkat kemandirian pada lansia. Hasil penelitian didapatkan bahwa 33 responden (39,3%) mandiri, 25 responden (29,8%) ketergantungan ringan, 1 responden (1,2%) ketergantungan berat, dan 25 responden (29,8%) ketergantungan total. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa 33 responden (39,3%) mandiri, dan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan yaitu 51 responden (60,7%). Hasil skrining tingkat kemandirian ini diharapkan bisa membantu Cargiver dalam memberikan perawatan terutama lansia yang berada diruang perawatan khusus.

References

[1] K. RI, “Indonesia memasuki periode aging population,” kementrian kesehatan Republik Indonesia. 2019, [Online]. Available: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20190704/4530734/indonesia-masukiperiode-aging-population/.
[2] D. Susilo, R. Sinang, Y. Rachmawati, and B. Santoso, Eds., statistik penduduk lanjut usia 2020. jakarta: Badan Pusat Statistik, 2020.
[3] S. Gemini et al., Keperawatan Gerontik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
[4] G. Lesmana, Bimbingan Konseling Populasi Khusus, Pertama. jakarta: Kencana, 2021.
[5] M. F. Ekasari, N. M. Riasmini, and T. Hartini, Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia konsep dan berbagai strategi intervensi. Malang: Wineka Media, 2018.
[6] V. Nurul Inayah, “Gambaran tentang kemandirian lansia dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari di posbindu desa sindangjawa kabupaten cirebon,” 2017.
[7] N. Widiastuti, T. Sumarni, and R. Dwi Setyaningsih, “Gambaran Tingkat Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Activity Of Daily Living ( ADL ) diRojinhome Thinsaguno Ie Itoman Okinawa Jepang,” vol. 3, no. 2, pp. 15–20, 2021.
[8] W. Widiyawati and diah jerita eka Eka, Keperewatan Gerontik. jakarta: Literasi Nusantara, 2020.
[9] P. . Pulungan, Z. F. Rusmini, N. . Faizah, H. Kurniasih, S. . Winarso, and V. . Utami, Teori Kesehatan Reproduksi. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[10] R. Damayanti, “Studi kasus tingkat kemandirian lansia di UPT Griya Werdha Jambangan Surabaya,” 2019.
[11] L. Pranata, A. I. Fari, and A. S. Sukistini, Keperawatan Gerontik “Pengelolaan & Penatalaksanaan Lansia Gangguan Insomnia.” Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri, 2021.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Mu’sodah, N., & Aryati, D. P. (2023). Gambaran Tingkat Kemandirian Activities Daily Living Pada Lansia Di Panti Pelayanan Lanjut Usia Bojongbata Pemalang. Prosiding University Research Colloquium, 1120–1126. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2544