Gambaran Kadar Asam Urat Pada Lanjut Usia Di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Muhamat Efendi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • wiwiek Natalya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Kadar Asam Urat, Lanjut usia

Abstract

Asam urat atau gout merupakan penyakit sendi yang disebabkan oleh tingginya asam urat di dalam darah, Usia yang rawan terjadi asam urat adalah kelompok usia diatas 60 tahun atau lanjut usia, Dampak dari Tingginya kadar asam urat dalam tubuh yang menetap dalam jangka waktu yang lama berpotensi menimbulkan komplikasi pada ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar asam urat pada lansia di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Sampel penelitian ini sebanyak 69 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Analisa data univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar 36 (52,2%) memiliki kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia dan 33 (47,8%) memiliki kadar asam urat normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar kadar asam urat pada lanjut usia di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan sebanyak 36 (52,2%) responden memiliki kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia dengan jenis kelamin sebagian besar perempuan.

References

[1] T. Sutanto, “ASAM URAT Deteksi, Pencegahan, Pengobatan,” 2013.

[2] M. Nasir, “Gambaran Asam Urat Pada Lansia Di Wilayah Kampung Selayar Kota Makassar,” J. Media Anal. Kesehat., vol. 8, no. 2, p. 78, 2019, doi:10.32382/mak.v8i2.842.

[3] Setyorini, “Asuhan Keperawatan Lanjut Usia Dengan Penyakit Degeneratif,” 2018.

[4] Putri, “Profil Kadar Asam Urat Pada Buruh Konveksi bagian penjahitan,” 2022.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Efendi, M., & Natalya, wiwiek. (2023). Gambaran Kadar Asam Urat Pada Lanjut Usia Di Desa Rowoyoso Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 1054–1060. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2536