Upaya Edukasi dan Preventif Penyintas Stroke : Studi Kasus di Posyandu Sapta Wredatama, Laweyan, Surakarta

Authors

  • Kevin Abi Agustian Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zulnanda Hendra Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Liana Wahyu Eka Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arif Pristianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Taufik Eko Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Gaya Hidup, Hipertensi, Merokok, Olahraga, Stroke

Abstract

Stroke adalah keadaan darurat neurologis (akut) yang mendadak, jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian sel dalam beberapa menit, menyebabkan cacat neurologis, cacat fisik atau kematian. Faktor yang sangat berpengaruh yaitu banyak yang tidak peduli dengan kesehatan mereka, seperti rendahnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dan kurangnya olahraga. Penyeybab lain adalah merokok dan hipertensi. Metode yang diterapkan pada pengabdian masyarakat ini adalah edukasi tentang pencegahan stokre pada Posyandu Lansia Sapta Wredatama, Laweyan, Surakarta. Dikarenakan dalam pengabdian ini masyarakat banyak yang mengalami hipertensi dan juga rata - rata penduduk daerah tersebut adalah perokok. Hasil dari kegiatan masyrakat sangat tertarik terhadap materi yang kami sampaikan dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan yang ditanyakan kepada kami.

References

[1] J. M. Haji, L. S. K. Jofizal Jannis, Ed. Stroke : aspek diagnostik patofisiologi, manajemen. Jakarta: Balai Penerbit FKUI, 2011.

[2] K. K. R. Indonesia, Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Repulik Indonesia, 2013.

[3] S. Alfiyanto, Muflihatin, Siti Khoiroh, "Analisa Praktik Klinik Keperawatan pada Klien Stroke Hemoragik dengan Intervensi Inovasi Minyak Biji Bunga Matahari (Sunflower Oil) untuk Mencegah Dekubitus di Ruang Stroke Center RSUD A.W Sjahranie Samarinda," 2018.

[4] D. A. N. Amrina, Muflihatin, Siti Khoiroh, "Analisis Praktik Klinik Keperawatan pada Pasien Stroke Hemoragic dengan Intervensi Latihan Lateral Prehension Grip Terhadap Peningkatan Luas Gerak Sendi (LGS) Jari Tangan di Ruang Stroke Centre AFI RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Tahun 2017," 2017.

[5] T. E. S. Topan Handoko, Maulida R. Fauziah, "IMPROVING POST STROKE FUNCTIONAL ABILITY USING THE BOBATH CONCEPT : A CASE REPORT," pp. 158 - 165, 2022.

[6] W. S. Lili Indriawati, Catur Setia Dewi, Care yourself Stroke : cegah dan obati sendiri. Jakarta: Penebar Plus, 2016.

[7] G. Udani, "FAKTOR RESIKO KEJADIAN STROKE," Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, vol. VI, pp. 49 - 57, 2013.

[8] G. F. P. Arif Pristianto, Murtafiah Murtafiah, "CRITICAL REVIEW: DAMPAK KONDISI PANDEMI COVID-19 TERHADAP KUALITAS HIDUP STROKE SURVIVOR," Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education, vol. 2, 2021.

[9] W. A. Wardhana, Strategi Mengatasi & Bangkit Dari Stroke. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Agustian, K. A., Hendra, Z., Sari, L. W. E., Pristianto, A., & Susilo, T. E. (2023). Upaya Edukasi dan Preventif Penyintas Stroke : Studi Kasus di Posyandu Sapta Wredatama, Laweyan, Surakarta. Prosiding University Research Colloquium, 863–867. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2515