Terapi Effluarge Pijat untuk Mengobati Nyeri pada Pasien Postpartum Spontan

Authors

  • Dyah Ayu Rahmawati Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Diah Astutiningrum Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Afterpain, Post partum, Terapi massage effluarge

Abstract

Afterpains yaitu rasa nyeri (kram dan mules-mules) yang disebabkan oleh kontraksi Rahim yang mengakibatkan nyeri sehingga menganggu kenyamanan ibu pada masa post partum. Hal ini dapat menimbulkan penurunan nafsu makan, gangguan mobilitas, istirahat dan tidur, bahkan menyebabka kecemasan. Masalah yang serius ini harus segera diperhatikan dan ditangani oleh seorang perawat. Menggambarkan asuhan keperawatan dengan masalah ketidaknyamanan(afterpain) pada pasien post partum dengan penerapan terapi massage effluarge di RSU Purwogondo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif studi kasus,proses pengumpulan data dengan melakukan wawancara,observasi,dokumentasi serta studi kepustakaan .Responden penelitian ini terdiri dari 3 pasien post partum spontan.Pemberian terapi massage effluarge ini dilakukan selama 3 hari kemudian untuk mengetahui tingkat nyeri diukur menggunakan NRS dan dicatat di lembar observasi. Penelitian ini dapat menurunkan nyeri afterpain sebanyak rata rata 4 skala Pemberian terapi massage effluarge untuk mengurangi nyeri aftrepain pada pasien post pasrtum spontan terbukti dapat menurunkan skala nyeri dan keluhan nyeri.

References

[1] .D. I. Setyarini, “Pengaruh Candle Therapy Terhadap Tingkat Afterpain Ibu Postpartum,” J. Inf. Kesehat. Indones. , vol. 4, no. 1, p. 7, 2018.
[2] D. R. Harista, “Penerapan Prosedur Terapi Effleurage Massage Pada Ibu Dengan Ketidaknyamanan Pasca Partum: Literature Review,” vol. 1, no. 2, pp. 60–64, 2021.
[3] K. K. R. Indonesia, Profil Kesehatan Indonesia 2020. 2021.
[4] N. Rs, D. A. N. Ny, R. Di, R. Lily, and R. Kabupaten, “PENGELOLAAN KEPERAWATAN NYERI IBU NIFAS DENGAN AFTERPAINS PADA Kesimpulan : Dalam akhir penyusunan laporan kasus ini , penulis membuat kesimpulan bahwa tujuan asuhan keperawatan pada kedua klien yaitu Ny . Rs dan Ny . Rn tercapai , skala nyeri turun , dar,” no. skala 6, 2021.
[5] W. N. Seftianingtyas, Y. Istiananingsih, and S. Anggaraini, “Pengaruh Massage Effleurage Terhadap Tingkat Nyeri Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif Di Kamar Bersalin Rumah Sakit Pupuk Kalimantan Timur Tahun 2021,” J. Antara Kebidanan, vol. 4, no. 2, pp. 76–83, 2021.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rahmawati, D. A., & Astutiningrum, D. (2023). Terapi Effluarge Pijat untuk Mengobati Nyeri pada Pasien Postpartum Spontan. Prosiding University Research Colloquium, 396–399. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2457