Hubungan Rasio Lingkar Pinggang Panggul (RLPP) dan Asupan Niasin dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta

Authors

  • Dewiyanti Fitria ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Retno Dewi Noviyanti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Diabetes Mellitus, Kadar Gula Darah, RLPP, Asupan Niasin

Abstract

Diabetes Mellitus adalah suatu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat tidak berfungsi atau kekurangan insulin. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makanan salah satunya asupan niasin serta status gizi baik obesitas ataupun obesitas sentral yang dapat dilihat melalui pengukuran RLPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan rasio lingkar pinggang panggul (RLPP) dan asupan niasin dengan kadar gula darah pasien diabetes mellitus tipe II di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan desain Analitik Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah seluruh pasien Diabetes Mellitus Tipe II rawat jalan di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. RLPP diperoleh dari hasil pengukuran lingkar pinggang dan panggul dan data asupan niasin diperoleh dari hasil wawancara semi FFQ sampel. Analisa data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar RLPP sampel kategori obesitas Abdominal (76,9%) dan asupan niasin sampel kategori kurang (73,1%). Hasil uji statistik hubungan RLPP dengan kadar gula darah diperoleh nilai p 0,435 dan uji statistik hubungan asupan niasin dengan kadar gula darah diperoleh nilai p 0,007. Kesimpulan : tidak ada hubungan antara RLPP dengan kadar gula darah pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta dan ada hubungan antara asupan niasin dengan kadar gula darah pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta.

References

[1] Iqbal, M., dan Desty, E P, “Penilaian Status Gizi ABCD, ” Jakarta : Salemba Medika, 2018.
[2] Ilmi, A F., dan Diah, M U, “Hubungan Lingkar Pinggang dan Rasio Lingkar Pinggang Panggul (RLPP) Terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Mahasiswa, ”Journal of Nutrition College, vol. 9, no. 3, pp 222-227, 2020.
[3] Itsna, D, “Hubungan Asupan dan Suplementasi Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Niasin, Thiamin, Kalsium Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2, “ Skripsi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, 2020.
[4] Karimah, M, “Rasio Lingkar Pinggang Panggul Memiliki Hubungan Paling Kuat Dengan Kadar Glukosa Darah, “ Jurnal Berkala Epidemiologi, vol. 6 no. 3, pp 219-229, 2018.
[5] Nurayati, L., dan Merriyana, A, “Hubungan Aktifitas Fisik Dengan Kadar Gula Darah Puasa Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2, “ Amerta Nutrition, pp 80-87, 2017.
[6] PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia), “Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Mellitus di Indonesia,” 2015.
[7] Rachmayanti, A A., Etisa, A M., dan Hartanti, S W, “Hubungan Asupan Niasin Dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Wanita 30-55 Tahun Di Kota Semarang”. Journal of Nutrition College, vol. 6 no. 3, pp 227-233, 2017.
[8] Rahmadina, L, “Hubungan Lingkar Perut dan Rasio Lingkar Pinggang Panggul dengan Kadar Gula Darah Puasa Pada Anggota TNI KODIM 0735 Surakarta, “ Skripsi, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
[9] Rahmy, H A., Triyanti., dan Ratu A D S, “Hubungan IMT, RLPP, dan Riwayat Diabetes Pada Keluarga Dengan Kadar Gula Darah Sewaktu Pada PNS,” Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, vol. 9, no. 1, pp 17-22, 2015.
[10] Riskesdas, “Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,” 2018.
[11] Sa’pang, M., Darwati, P., dan Laras, S, “Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Rasio Lingkar Pinggang Panggul (RLPP) Dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II Di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta Selatan,” Nutrive Diaita, vol. 10, no. 1, pp 45-50, 2018.
[12] Soegondo, S. dan Purnamasari, D, “Sindrom Metabolik Ilmu Penyakit Dalam, “ Interna Publishing, vol. 5, no. 1, pp 35-43, 2014.
[13] WHO, “National institute of Diabetes and digestive and kidney diseases. Your Guide to Diabetes; Type 1 and Type 2,” 2013.
[14] Yuhara, N A, “Korelasi Lingkar Pinggang dan Rasio Lingkar Pinggang Panggul Terhadap HbA1c Pada Pria Dewasa Sehat Di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, 2016.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Fitria, D., Kusudaryati, D. P. D., & Noviyanti, R. D. (2023). Hubungan Rasio Lingkar Pinggang Panggul (RLPP) dan Asupan Niasin dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta. Prosiding University Research Colloquium, 323–331. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2448