Peran dan Kendala orang tua dalam pendampingan pembelajaran offline pasca pembelajaran daring masa pandemi pada anak di SDN Kalipuru Pujotirto

Authors

  • Asri Khaswana Widyasari Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Wuri Utami Universitas Muhammadiyah Gombong
  • K Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

peran, kendala, orang tua, pendampingan pembelajaran, pandemi, anak usia SD

Abstract

Orang tua adalah orang yang paling berperan penting dalam membantu anak-anak karena lingkungan utama bagi anak adalah lingkungan keluarga. Mendukung, membina, dan mengajar anak-anak di rumah adalah komitmen masing-masing orang tua. Peran orang tua menjadi penting ketika anak-anak  mulai belajar di rumah. Para orang tua memiliki banyak kendala dalam membantu anak-anaknya belajar di rumah. Orang tua telah mengakui bahwa mereka benar-benar berpikir bahwa sulit untuk mengontrol putra putri mereka saat belajar di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dan kendala orang tua dalam pendampingan pembelajaran offline pasca pembelajaran daring masa pandemi di SDN Kalipuru Pujotirto. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi yang akan diambil dalam penelitian ini adalah 266 orang tua siswa. Penulis mengambil data dari 74 orang yang diambil secara simple random sampling. Instrument atau alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Orangtua memiliki peran kategori baik dalam pendampingan pembelajaran (74.3%). Orangtua memiliki kendala kategori berat dalam pendampingan pembelajaran (82.4%). Bagi sekolah, di harapkan membuat program pendidikan untuk orang tua (parenting school) untuk mendukung orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran di rumah dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan dasar orang tua tentang pendidikan anak.

References

[1]Rina Anggita Tampubolon, Woro Sumarni, U. U. (2019). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1 (1), 1–9.

[2] Mirna Anggraini, Suharmono Kasiyun, Mariati, P. and Sunanto (2021) „Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (5). pp. 3010-3019. ISSN 2580-1147.

[3] Tuwu, D. (2020) „Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19?, Journal Publicuho, 3(2), p. 267.

[4] Pamungkas, I. A. and Dwiyogo, W. D. (2020) „Blended Learning Sebagai Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal Pandemi Covid-19?, Seminar Nasional Keolahragaan, pp. 1–7.

[5] Nugroho, M. M. Et Al. (2020) „Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Di Indonesia Pada Tahun 2021?, Journal Publicuho, 3(4), P. 523.

[6] Helda. (2021). Peran dan kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Magister Managemen Pendidikan Uniska MAB Volume 1 Nomer 1 (2021)

[7] Sabiq, A. F. (2020) „Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19?, Journal of Islamic Education Research, 1(3), pp. 179–189.

[8] Harahap (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring AnakUsia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia DiniISSN: 2549-8959

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Widyasari, A. K., Utami, W., & Kusumastuti, K. (2023). Peran dan Kendala orang tua dalam pendampingan pembelajaran offline pasca pembelajaran daring masa pandemi pada anak di SDN Kalipuru Pujotirto. Prosiding University Research Colloquium, 187–195. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2433