Hubungan Pekerjaan Ibu dan Stimulasi yang Diberikan Orang Tua dengan Status Motorik Halus pada Anak Usia Dini di Tk „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Authors

  • Amelia Rizqi Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Noor Hidayah Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Umi Faridah Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Status Motorik Halus, Pekerjaan Ibu, Stimulasi Orang Tua

Abstract

 Latar Belakang: Perkembangan pada anak usia dini salah satunya dapat dilihat dari status motorik halus. Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting yang dilalui anak pada masa pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi status motorik halus adalah pekerjaan ibu dan stimulasi yang diberikan orang tua. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan pekerjaan ibu dan stimulasi yang diberikan orang tua dengan status motorik halus pada anak usia dini di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Peneliti menggunakan simple random sampling dengan mengambil jumlah populasi di TK sebanyak 105 Anak. Analisa bivariat menggunakan uji Chi Square dan instrument yang digunakan adalah kuesioner dan formulir Denver II. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pekerjaan ibu dengan status motorik halus pada anak usia dini di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus 2022 dengan P Value sebesar 0,028 (<0.05), nilai OR sebesar 0,338. Ada hubungan stimulasi yang diberikan orang tua dengan status motorik halus pada anak usia dini di TK  „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus 2022 dengan P Value sebesar 0,000 (<0.05), nilai OR sebesar 31,7. Kesimpulan: Ada hubungan pekerjaan ibu dan stimulasi yang diberikan orang tua dengan status motorik halus pada anak usia dini di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.

References

[1] P. M. Tamba, “Realisasi Pemenuhan Hak Anak yang Diatur dalam Konstitusi Terhadap Anak yang Beerkonflik dengan Hukum dalam Proses Pemindanaan,” Jurnal Ilmu Hukum, 2016.
[2] Kemendikbud RI, “Anak pada Masa "Golden Age Priod",” 2017.
[3] N. R. Deta, “Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak di TK Negeri Pembina Kota Batu,” Skripsi, 2020.
[4] D. N. Pura, “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. IV, pp. 131-140, 2 Juli 2019.
[5] R. M. Rumahorbo dkk, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang,” CHMK Health Journal, vol. IV, 2 April 2020.
[6] Soetjiningsih, “Tumbuh Kembang Anak,” 2012.
[7] C. M. Taju dkk, “Hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak usia Prasekolah di PAUD GMIM Bukit Hermon dan TK Idhata kecamatan Malalayang Kota Manado,” eJournal Keperawatan ((e-Kp), vol. III, 2 Mei 2015.
[8] R. Ramli, “Hubungan Pengetahuan dan Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Sidotopo,” Jurnal Promkes : The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, vol. VIII, pp. 36-46, 2020.
[9] T. Sunarsih dkk, “Hubungan Karakteristik Orang Tua dengan Perkembangan Anak,” Jurnal Kebidanan, vol. XIII, 01 Juni 2021.
[10] N. R. Harahap, “Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun di Desa pante Raya Kecamatan WIh Pesam Kabupaten Bener Meriah,” Jurnal Midwifery Update (MU), 2018.
[11] R. R. W. Perdani dkk, “Hubungan Stimulasi Ibu dengan Perkembangan Anak Usia 0-3 Tahun di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung,” vol. XXII, 5 Februari 2021.
[12] Yusnita dkk, “Hubungan Riwayat Stimulasi Motorik Halus Terhadap Kemampuan Baca Tulis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan,” vol. XI, pp. 165-169, 2022.
[13] Yurissetiowati, “Perkembangan Anak Usia Dini,” 2021.
[14] Stephan Saputra dkk, “Studi Fenomenologi : Pengalaman Ibu Bekerja TerhadapTumbuh Kembang Anak Prasekolah,” Indonesian Journal Of Health and Medical, vol. I, 2 April 2021.
[15] A. N. Badar dkk, “Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja dengan Perkembangan Sosial anak Usia Prasekolah di PAUD Santa Juliana Golo Bilas,” vol. VI, 2021.
[16] D. Tiaranisa, “Stimulasi Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia (3_4) Tahun Masa Pandemi Covid 19,” Journal of Early Childhood and Character Education, vol. II, 2022.
[17] N. Gerungan, “Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah,” Jurnal Keperawatan Klabat, vol. I, 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rizqi, A., Hidayah, N., & Faridah, U. (2023). Hubungan Pekerjaan Ibu dan Stimulasi yang Diberikan Orang Tua dengan Status Motorik Halus pada Anak Usia Dini di Tk „Aisyiyah Bustanul Athfal XIII Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Prosiding University Research Colloquium, 52–58. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2418