Penerapan Kompres Air Hangat Pada Pasien Demam Thypoid

Authors

  • Hani Laila Istijabah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nuniek Nizmah Fajriyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Demam thypoid, kompres hangat pada axilla, suhu tubuh

Abstract

Salah satu terapi non farmakologi untuk menurunkan suhu tubuh pada pasien demam thypoid akibat infeksi Salmonella thypi adalah tindakan kompres air hangat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prosedur penerapan terapi kompres air hangat pada axilla untuk menurunkan suhu tubuh pada pasien demam thypoid. Metode karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus pada dua pasien dewasa yang mengalami peningkatan suhu tubuh diatas 37,5 ºC per axilla akibat thypoid dan melakukan pemeriksaan di RSUD Limpung. Instrument penelitian ini berupa standar operasional prosedur kompres air hangat, alat ukur suhu dan lembar observasi. Hasil penerapan studi kasus pada dua pasien menunjukkan penurunan suhu tubuh. Kesimpulannya adalah penerapan kompres air hangat pada axilla dapat menurunkan suhu tubuh pada pasien demam thypoid. Saran bagi pelayanan kesehatan diharapkan menerapkan kompres air hangat pada axilla sebagai tindakan non farmakologi untuk menurunkan suhu tubuh pada pasien demam thypoid.

References

[1] P. Pujiarto, “Gambaran Penerapan Kompres Air Hangat Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Pasien Demam Tifoid Di Ruang Nuri Rumah Sakit Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung,”Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, vol. 6, no. 1, pp. 76-83, 2018.
[2] S. Bandiyah, “Keterampilan Dasar Praktek Klinik,”Yogyakarta: Nuha Offset, 2016.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Istijabah, H. L., & Fajriyah, N. N. (2023). Penerapan Kompres Air Hangat Pada Pasien Demam Thypoid. Prosiding University Research Colloquium, 991–995. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2409