Seorang Laki-Laki Usia 69 Tahun Dengan Retensi Urin Ec BPH Dengan Hernia Inguinalis Lateralis Detra

Authors

  • Timur Indah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yudi Eko Prasetiyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Retensi Urine;, BPH;, Hernia Inguinalis Lateralis, Hernioraphy

Abstract

Retensi urine adalah gangguan pada kandung kemih yang membuat penderitanya kesulitan untuk mengeluarkan urine atau susah buang air kecil, salah satu penyebab retensi urin adalah Hiperplasia prostat jinak atau BPH (benign prostatic hyperplasia). BPH disebabkan proliferasi jaringan epitel dan otot halus di dalam zona transisi prostatika. BPH diderita oleh sekitar 18 – 25% laki-laki dengan usia di atas 40 tahun dan lebih dari 90% laki-laki dengan usia di atas 80 tahun. BPH dapat didiagnosis berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dsn pemeriksaan penunjang. Pada kasus ini, kami melaporkan laki-laki berusia 69 tahun datang dengan keluhan tidak bisa buang air kecil (BAK). Pasien mengaku sulit untuk memulai BAK, dan terkadang harus disertai dengan mengedan untuk BAK, pancaran kencing lemah, kadang terhenti kemudian lancar kembali. Pasien juga mengeluh sering berkali-kali ke kamar mandi pada malam hari saat tidur malam karena ingin BAK namun saat BAK hanya menetes dan merasa kurang puas. Dari pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran kompos mentis, nadi 62x/menit reguler, laju pernapasan 20x/menit, tekanan darah 182/101 mmHg, dan suhu 36,9oC. Pemeriksaan status generalis didapatkan dalam batas normal. Dari rectal toucher didapatkan tonus sphincter ani kuat, mukosa rektum licin, tidak ada massa, tidak ada darah dan feses pada handscoon. Pemeriksaan USG urologi menunjukkan adanya pembesaran prostat (volume 65.43 ml) dengan cystitis dan menyokong gambaran HIL dextra. Dilakukan pembedahan TURP dan HERNIORAPHY.

References

[1] R. Dornbier, G. Pahouja, J. Branch, and K. T. McVary, “The New American Urological Association benign prostatic hyperplasia clinical guidelines: 2019 update,” Current Urology Reports, vol. 21, no. 9, 2020.

[2] S. Gravas and J. J. de la Rosette, “Clinical assessment and diagnosis of lower urinary tract symptoms/benign prostatic hyperplasia,” Male Lower Urinary Tract Symptoms and Benign Prostatic Hyperplasia, pp. 37–46, 2014.

[3] S. Öberg, K. Andresen, and J. Rosenberg, “Etiology of INGUINAL HERNIAS: A comprehensive review,” Frontiers in Surgery, vol. 4, 2017.

[4] S. Masnyj and M. I. Goldblatt, “Inguinal hernia repair around prostatectomy,” Surgical Principles in Inguinal Hernia Repair, pp. 153–158, 2018.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Indah, T., & Prasetiyo, Y. E. (2023). Seorang Laki-Laki Usia 69 Tahun Dengan Retensi Urin Ec BPH Dengan Hernia Inguinalis Lateralis Detra. Prosiding University Research Colloquium, 898–901. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2396