Penerapan Terapi Non Farmakologis Teknik Relaksasi Nafas Dalam Sebagai Upaya Dalam Pengendalian Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi

Authors

  • S Sriyanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Nuniek Nizmah Fajriyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Hipertensi;, Relaksasi Nafas Dalam;, Tekanan Darah

Abstract

Hipertensi merupakan suatu masalah dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah yang abnormal yaitu apabila tekanan darah sistolik diatas 140 mmHg dan tekanan darah diastolik diatas 90 mmHg. Hipertensi juga disebut sebagai “sillent killer” atau pembunuh diam-diam hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang yang mengalami hipertensi tidak memiliki gejala ataupun keluhan sehingga penderita tidak mengetahui jika dirinya mengalami hipertensi dan tidak ada upaya dalam pengendalian tekanan darah. Gejala yang umunya dirasakan pada penderita hipertensi adalah sakit kepala atau rasa berat ditengkuk, vertigo, jantung berdebar-debar, mudah lelah, penglihatan kabur, telinga berdenging atau tinnitus, mual, muntah, gelisah, dan lemas. Penelitian ini bertujuan : menggambarkan penerapan teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada klien dengan hipertensi. Metode : menggunakan metode studi kasus dengan subyek 2 (dua) orang klien yang mengalami hipertensi di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Hasil : kedua klien mengalami penurunan tekanan darah setelah dilakukan penerapan relaksasi nafas dalam. Kesimpulan : penerapan terapi relaksasi nafas dalam terbukti efektif mampu menurunkan tekanan darah pada klien dengan hipertensi. Saran : diharapkan petugas kesehatan khususnya perawat dapat memberikan terapi non farmakologis berupa relaksasi nafas dalam untuk membantu menurunkan tekanan darah pada klien dengan hipertensi.

References

[1] Hartanti, R. D., Wardana, D. P., & Fajar, R.A. “Terapi relaksasi napas dalam menurunkan tekanan darah pasien hipertensi”. Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 1, pp. 97268, 2016.
[2] Febriyanto, F. “Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi di Rsud Dr. Soeratno Gemolong Tahun 2018.” Jurnal Profesi Keperawatan (JPK), 6(1), 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Sriyanti, S., & Fajriyah, N. N. (2023). Penerapan Terapi Non Farmakologis Teknik Relaksasi Nafas Dalam Sebagai Upaya Dalam Pengendalian Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Prosiding University Research Colloquium, 881–886. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2393