Penerapan Terapi Akupresure Untuk Menurunkan Nyeri Dan Kadar Asam Urat Pada Passien Gout Arthritis Di Kelurahan Surobayan, Kecamatan Ambal

Authors

  • Sefia Zahra Imani Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Barkah Waladani Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Gout Arthritis, Akupresure, Nyeri, Penurunan asam urat, Titik Taixi, RanGu

Abstract

Gout arthritis merupakan penyakit akibat adanya penumpukan kristal urat pada jaringan persendian. Tanda gejala yang dapat muncul seperti nyeri, pembengkakan, dan gejala terbakar pada persendian akibat adanya endapan kristal monosodium pada persendian yang memicu munculnya tofi. Terapi non farmakologi akupresure dapat menurunkan asam urat dan nyeri dengan menstimulasi pituitary hypothalamus untuk meningkatkan endorfin dan merangsang sel perifer untuk mengaktifkan potensi sel aktif lainya, sehingga kinerja ginjal dapat bekerja secara optimal. Memberikan gambaran umum asuhan keperawatan dengan penerapan terapi akupresure untuk menurunkan nyeri dan kadar asam urat pada pennderita gout arthritis. Penelitian menggunakan metode deskriptif studi kasus dengan menggambarkan hasil dalam bentuk narasi. Kriteria responden antara lain terdiagnosa sebagai penderita gout arthritis, memiliki keluhan nyeri sedang, tidak mengkonsumsi obat diuretic, kesadaran composmentis, usia >40 tahun, tidak luka, cidera dan bengkak pada kaki. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara, serta monitor kadar asam urat dan skala nyeri sebelum dan sesudah terapi. Tampak adanya penurunan kadar asam urat rata-rata 4,15 mg/dl setelah terapi diberikan serta skala nyeri turun 2 sampai 1 pada pertemuan kedua. Penerapan terapi akupresure dapat diterapkan sebagai metode non farmakologi secara rutin pada penderita gout arthritis untuk menurunkan kadar asam urat dan skala nyeri.

References

[1] Sunaringtyas, W., Nuari, N. A., & Widhianto., “Pengaruh Terapi Akupressure Terhadap Nyeri Sendi Pada Lansia Dengan Gout.” J. ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan), vol.10(1), pp.45–52, 2019. [2] Riskesdas, T., “Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018,” Kementerian Kesehatan RI, 2018
[3] Utomo, Umarianti, T., & Galih, S. A., “Akupresure dan Pemberian Jus Sirsak Terhadap Penurunan Asam Urat Pada Penderita Gout Arthritis,” 2018.
[4] Soekanto,. “Pengetahuan Penderita Gout Arthritis Tentang Penyakit Gout Arthritis Di Puskesmas Pasirlayung Kota Bandung.” J. Kesehatan, vol.8(medula), pp.4–5, 2012.
[5] Syukri,M., “Asam Urat dan Hiperurisemia.” Majalah Kedokteran Nusantara, vol.40(1), pp.52, 2017.
[6] Fitriana, Rahmatul., “ Cara Cepat Usir Asam Urat,” Medika, Yogyakarta, 2015.
[7] Saputra, A.W., Fitriana, R.N. & Kartina, I. “Pengaruh Terapi Acupressure Pada Titik Ki 2 dan Ki 3 Terhadap Perubahan Kadar Asam Urat Lansia di Kelurahan Wonorejo” 2019.
[8] Haryani, S., & Misniarti, M., “Efektifitas Akupresure dalam Menurunkan Skala Nyeri Pasien Hipertensi Diwilayah Kerja Puskesmas Perumnas.” Jurnal Keperawatan Raflesia, vol.2(1),pp. 21–30, 2020.
[9] Pribadi, T., Rahma, A., & Yulendasari, R., “ Pemberian Akupresur Untuk Menurunkan Nyeri Dan Kadar Asam Urat Pada Klien Asam Urat Di Poncowarno Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah.” J. Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), vol.4(3), pp.515–519, 2021.
[10] Yurdanur. (2012). Non-Pharmacological Therapis In Pain Management. International Journal: A. Bolubant Izzet Baysal University. Bolu Health Sciences.
[11] Rakhman, Arif dkk. (2015). Pengaruh Terapi akupresur terhadap asam urat darah pada lansia. Jurnal Skolastika Keperawatan, Vol.1, No.2. Jurnal.Unai.Edu

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Imani, S. Z., & Waladani, B. (2023). Penerapan Terapi Akupresure Untuk Menurunkan Nyeri Dan Kadar Asam Urat Pada Passien Gout Arthritis Di Kelurahan Surobayan, Kecamatan Ambal. Prosiding University Research Colloquium, 822–828. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2387