Penerapan Terapi Dzikir Asmaul Husna Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Keluarga Dengan Hipertensi Di Desa Balutan Kecamatan Comal

Authors

  • Salamah Indah Lestanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Herni Rejeki Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Asmaul Husna, Hipertensi

Abstract

Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan istirahat atau tenang. Salah satu penanganan untuk menurunkan Hipertensi yaitu dengan Dzikir Asmaul Husna. Studi kasus ini adalah menerapkan terapi Dzikir Asmaul Husna untuk menurunkan tekanan darah. Karya tulis ilmiah ini menggunakan studi kasus pada dua keluraga yang mengalami Hipertensi. Studi kasus menggunakan alat ukur tekanan darah Tensimeter/Sfigmomanometer. Studi kasus dilakukan terapi Dzikir Asmaul Husna selama 20 menit 1x sehari terjadi penurunan tekanan darah pada keluarga I dari 160/90 mmHg menjadi 120/80 mmHg dan pada keluarga II dari 140/80 mmHg menjadi 120/70 mmHg. Dilakukan penerapan terapi Dzikir Asmaul Husna terjadi penurunkan tekanan darah pada keluarga dengan Hipertensi. Bagi keluarga dengan Hipertensi yaitu dapat melakukan terapi Dzikir Asmaul Husna secara mandiri dibantu oleh keluarga untuk menurunkan tekanan darah.

References

[1] Aini, L., & Astuti, L. The Effect Of Dhikir Relaxion Therapy On The Reduction Of. Blood Pressure In People With Hypertension . Journal of Health: Scientific Journal of Multi Sciences, 10(01), 38-45. 2020.
[3] Alfiyanto, S., & Wibowo, T. A. Pengaruh Dzikir Asmaul Husna Terhadap Penurunan. Hipertensi Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. 2017.
[2] Imardiani, I., Sari, A. N., & Ningrum, W. A. C. Pengaruh Terapi Dzikir Asmaul-[6Husna terhadap Kualitas Tidur pada Pasien Intensif di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang. Masker Medika, 7(2), 535-542. 2019.
[4] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2014.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Lestanti, S. I., & Rejeki, H. (2023). Penerapan Terapi Dzikir Asmaul Husna Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Keluarga Dengan Hipertensi Di Desa Balutan Kecamatan Comal. Prosiding University Research Colloquium, 811–814. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2385