Penerapan Pengaruh Teknik Posisi Semi Fowler dan Pursed Lips Breathing dalam Mengurangi Gangguan Pernafasan pada Pasien dengan Tuberculosis di RSUD Bendan Pekalongan

Authors

  • Riya Wigiyanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Firman Faradisi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Posisi Semi Fowle, Pursed Lips Breathing, Tuberculosis;, Gangguan Pernafasan

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit paru disebabkan dari bakteri mycobacterium tuberculosis yang dapat menular. Salah satu gejalanya adalah sesak napas yang ditandai dengan sekret dalam tubuh susah keluar. Salah satu intervensi yang dapat digunakan untuk mengurangi gangguan pernafasan adalah dengan pemberian terapi semi fowler dan pursed lips breahing terhadap pasien Tuberkulosis yang mengalami gangguan pernafasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan penerapan posisi semi fowler dan pursed lips breathing. Hasil-hasil yang diperoleh setelah dilakukan tindakan pada klien yaitu mengalami perubahan penurunan gangguan pernafasan setiap dilakukan terapi. Hasil ini ditandai dengan Respiratory Rate pada klien setelah dilakukan tindakan 1 kali selama 3 hari berturut-turut mengalami penurunan dari angka 28x/menit menjadi 20x/menit. Data ini menunjukan bahwa pemberian terapi posisi semi fowler dan pursed lips breathing terbukti valid untuk menurunkan respiratory rate. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh dalam pemberian posisi semi fowler dan pursed lips breathing dalam mengurangi gangguan pernafasan pada pasien di RSUD Bendan Pekalongan. Diharapkan bagi perawat dapat menerapkan terapi semi fowler dan pursed lips breathing sebagi salah satu tindakan non farmakologis untuk mengurangi gangguan pernafasan pada pasien di rumah sakit.

References

[1] I. Maulana, NM. Sartika, & M. KeP. “Pengaruh Teknik Pursed Lips Breathing dan Posisi Semi Fowler dalam Mengurangi Sesak Napas Pada Pasien Dengan Gangguan Respirasi di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Tahun 2019”. 2021 Available :https://drive.google.com/uc?export=view&id=1VqGCxl8LvrzCP0ui0m99-UW8zoy7jdA.
[2] Andarmoyo, Sulistyo ”KEBUTUHAN DASAR MANUSIA (OKSIGENASI) Konsep, Proses dan Praktik Keperawatan”. graha ilmu, yogyakarta. ISBN 978-979-756-849-8. 2012 .
[3] Setiyono, “pursed lips breathing”, 2020. Available : http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/177

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Wigiyanti, R., & Faradisi, F. (2023). Penerapan Pengaruh Teknik Posisi Semi Fowler dan Pursed Lips Breathing dalam Mengurangi Gangguan Pernafasan pada Pasien dengan Tuberculosis di RSUD Bendan Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 779–783. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2382