Literatur Riview : Implementasi Machine Learning pada E Learning System

Authors

  • Rayhan Vibi Rahadyan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • R. Arri Widyanto Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Artificial Intelligent, E-Learning, Machine Learning, Sistematic Literature Review

Abstract

Diera yang didominasi oleh Teknologi Informasi, dengan segala sesuatunya yang serba digital, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah E-Learning. E-Learning atau pembelajaran elektronik. E-Learning memungkinkan proses belajar mengajar dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Seperti prinsip aktivitas online lainnya, jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas, termasuk dalam hal ini pembelajaran. E-Learning sendiri saat ini sudah banyak digunakan oleh hampir semua sekolah dan perguruan tinggi. Selain perubahan zaman menjadi serba digital, situasi saat ini, di mana pandemi Covid-19 sedang terjadi di seluruh dunia, menuntut untuk melakukan segala sesuatunya secara online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Sistematic Literatur Review (SLR). Hasil yang didapatkan adalah berbagai macam penerapan Machine Learning (ML) dan bisa digunakan dengan metode-metode lain. ML adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan aplikasi perangkat lunak menjadi lebih akurat dalam memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya. Algoritma pembelajaran mesin menggunakan data historis sebagai input untuk memprediksi nilai output baru.

References

[1] M. R. Raharjo and A. P. Windarto, “Penerapan Machine Learning dengan Konsep Data Mining Rough Set (Prediksi Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Matakuliah),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 317, 2021.
[2] I. L. Septiani, A. R. F. Hadinata, A. Bahtiar, N. Suarna, and N. R, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Menggunakan Teknik Machine Learning,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 5, no. 2, p. 137, 2021.
[3] I. Kurniawati, “Komparasi Metode Machine Learning Pada Prediksi Kelulusan Mahasiswa A Comparative Method of Machine Learning On Predicting Students Graduation,” Pros. Semin. Ilm. Ilmu Komput., no. May, pp. 37–45, 2018.
[4] D. Supriyadi, S. T. Safitri, R. N. S. Amriza, and D. Y. Kristiyanto, “Klasifikasi Loyalitas Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Net Promoter Score dan Machine Learning,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 8, no. April, pp. 38–43, 2022.
[5] Y. Yennimar, R. E. Manihuruk, and E. L. Br Hotang, “Prediction Models with Machine Learning Against Student Success in Online Learning,” SinkrOn, vol. 6, no. 1, pp. 62–68, 2021.
[6] M. Sidqon, A. Hermanto, and A. N. Utama, “Pengembangan Learning Management System dengan Memanfaatkan Machine Learning Untuk meningkatkan kinerja Sistem,” in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi SNST, 2021, pp. 212–217.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rahadyan, R. V., & Widyanto, R. A. (2023). Literatur Riview : Implementasi Machine Learning pada E Learning System. Prosiding University Research Colloquium, 723–729. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2376