Pendidikan Kesehatan Tentang Diet Anemia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Anemia

Authors

  • Nurul Lailiyah Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Windha Widyastuti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • I Isyti'aroh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

ibu hamil dengan anemia, kurang pengetahuan

Abstract

Kurangnya pengetahuan nutrisi pada ibu hamil merupakan salah satu faktor munculnya anemia pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil dapat diatasi salah satunya dengan pendidikan kesehatan tentang diet anemia. Studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan pendidikan kesehatan diet anemia dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil dengan anemia. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama tiga kali kunjungan. Metode karya tulis ilmiah ini menggunakan studi kasus pada 2 ibu hamil yang mengalami anemia. Instrumen studi kasus ini kuesioner pengetahuan tentang diet anemia, leaflet, dan PPT dengan pengukuran pengetahuan dilakukan sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan. Hasil pada studi kasus menunjukan adanya peningkatan pengetahuan kasus 1 meningkat dari kategori kurang ke kategori cukup dan kasus 2 dari kategori cukup ke kategori baik. Kesimpulannya adalah pendidikan kesehatan tentang diet anemia dapat meningkatkan pengetahuan pada ibu hamil tentang diet anemia. Saran bagi petugas kesehatan dapat menerapkan atau mengajarkan pendidikan kesehatan tentang diet anemia dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentng anemia.

References

[1] Sulistyoningsih, H. “Gizi Untuk Kesehatan Ibu Dan Anak”. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.
[2] Sulistyaningsih, Y. “Penatalaksanaan Pendidikan Kesehatan Diit Anemia Ibu Hamil Dengan Masalah Ketidakseimbangan Nutrisi Kurang Dari Kebutuhan Tubuh” : Indonesian Journal On Medical Sclence, 4(1), 56-67. 2017.
[3] Muliarini, P. “Pola Makan Dan Gaya Hidup Sehat Selama Kehamilan”. Yogyakarta : Nuha Medika. 2017
[4] Purwaningrum, Y. “Pengetahuan Ibu Hamil Tenrang Gizi Dengan Kejadian Anemia Selama Kehamila”. Jurnal kesehatan vol.5. No. 2. 2017
[5] soleati, T., Sari, C. W. M., Lukman. M., and Kosasih. C. E. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Teradap Pengetauan Deteksi Dini Dan Pencegaan Anemia Dalam Upaya Menurunkan AKI Pada Kader Posyandu”, Jurnal Keperawatan Komprensif, Vol. 4, No.1, Januari 2018:7-12.
[6] Triveni, T., and Satria, O., “Faktor Faktor Yang Berubungan Dengan Kepatuan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet FE Di Poli Kebidanan,” Jurnal Kesehatan Perintis, vol. 3 (1),8-14, 2016.
[7] Tim Pokja PPNI. “Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Definisi dan Indikator Diagnostik, Edisi 1,” Jakarta: DPP PPNI, 2017.
[8] Astuti, S., Susanti, A. I., Nurparidah, R., and Mandiri, A. “Asuhan Ibu Hamil Dalam Masa Kehamilan”. Bandun : Erlangga. 2017
[9] Suparisa, D., N. “Pendidikan Dan Gizi,” Jakarta : Buku Kedokteran EGC, 2015
[10] Milah, A. S. “Hubungan Konsumsi Tablet FE Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil di Desa Baregbeg Wilayah Kerja Puskesmas Barebeg Kabupaten Ciamis Tahun 2018”. Jurnal Keperawatan Galuh 1(1) 12-35. 2018.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Lailiyah, N., Widyastuti, W., & Isyti’aroh, I. (2023). Pendidikan Kesehatan Tentang Diet Anemia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Anemia. Prosiding University Research Colloquium, 692–697. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2372