Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Dan Lama Kerja Dengan Perilaku Hygiene Penjamah Makanan Di PPMI Assalaam Sukoharjo

Authors

  • Nabila Imawati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Marfuah ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Retno Dewi Noviyanti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pendidikan, Pengetahuan, Lama Kerja, Perilaku Hygiene Penjamah

Abstract

Perilaku hygiene penjamah makanan merupakan prosedur menjaga kebersihan dalam pengelolaan makanan yang aman dan sehat. Perilaku hygiene penjamah makanan sangat penting dalam proses pengolahan makanan karena dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kontaminasi pada makanan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi perilaku hygiene penjamah makanan salah satunya pendidikan, pengetahuan dan lama kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan, pengetahuan dan lama kerja dengan perilaku hygiene penjamah makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh dengan jumlah 30 sampel. Pengumpulan data pendidikan, pengetahuan dan lama kerja menggunakan kuesioner, sedangkan data perilaku hygiene diperoleh menggunakan lembar observasi chek list, wawancara dan pengamatan sebanyak 3 kali pengamatan. Analisis statistik menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui sebagian besar pendidikan sampel dalam kategori pendidikan menengah sebanyak 19 (63,3%), pengetahuan dalam kategori cukup sebanyak 18 (60%), lama kerja dalam kategori lama sebanyak 20 (66,7%), dan perilaku hygiene dalam kategori cukup sebanyak 19 (63,3%). Hasil uji hubungan antara pendidikan dengan perilaku hygiene (p=0,038), pengetahuan dengan perilaku hygiene (p=0,141), dan lama kerja dengan perilaku hygiene (p=0,258). Kesimpulan penelitian ini ada hubungan pendidikan dengan perilaku hygiene penjamah makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dan lama kerja dengan perilaku hygiene penjamah makanan di PPMI Assalaam Sukoharjo.

References

[1] Hidayatullah, I. “Hubungan Tingkat Pendidikan dan Sikap Kepala Keluarga dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di RT 3 RW 07 Kelurahan Pakuncen Wirobrajan Yogyakarta”. Tesis. STIKES Aisyiyah Yogyakarta. 2015.
[2] Fatmawati, S., Rosidi, A., dan Handarsari, E. “Hygiene Mengolah Makanan dalam Penyelenggaraan Makanan di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Jawa Tengah”. Jurnal Pangan dan Gizi. 4(8) : 48-52. 2013.
[3] Widyawati, A. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Personal Hygiene Penjamah Makanan di Unit Instalasi Gizi Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun”. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun. 2017.
[4] Miranti, A., dan Annis, C. “Hubungan Pengetahuan dengan Sikap dan Hygiene Perorangan Penjamah Makanan pada Penyelenggaraan Makanan Asrama Putri”. Media Gizi Indonesia. 11 (2). 2016.
[5] Aprianti., dan Widya, L. “Hubungan Body Image, Tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Hygiene Tenaga Penjamah Makanan”. Jurnal Riset Pangan dan Gizi. 2 (1). 2019.
[6] Rustiawan, A., dan Ayesa, N. “Hubungan Karakteristik Individu dengan Perilaku Keamanan Pangan pada Penjamah Makanan di Rumah Makan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul”. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2 (4) : 15-19. 2019.
[7] Nuraini, P., dan Dewi, S. “Karakteristik dan Pengetahuan Penjamah Makanan dengan Perilaku Tentang Hygiene Perorangan pada Proses Pengolahan Makanan di Katering “X” Jakarta Tahun 2014”. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 5 (3). 2014.
[8] Purwaningsih, S., dan Widiyaningsih, E. Gambaran Lama Kerja, Pengetahuan dan Perilaku Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. PROFESI (Profesional Islam). 16 (2). 2019.
[9] Notoatmodjo, S. “Metode Penelitian Kesehatan”. Jakarta : Rineka Cipta. 2012.
[10] Depdiknas RI. “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional”. Jakarta : Depdiknas RI. 2003.
[11] Hermawan, M. “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2017.
[12] Mulyasana, D. “Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2012.
[13] Liliweri, M. “Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya”. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2013.
[14] Yulianti, A., dan Sheryn, A. “Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku dengan Penerapan Personal Hygiene Penjamah Makanan”. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 11 (2). 2021. [15] Arikunto, S. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2013.
[16] Koesindratmono, F., dan Septarini, BG. “Hubungan antara masa kerja dengan pemberdayaan psikologis pada karyawan PT. Perkebunan Nusantara X (Persero)”. INSAN. 1(13) : 50-7. 2012.
[17] Nisak, SM. “Penentuan Umur Simpan Dodol Nangka Dengan Metode ESS (Extended Storage Studies)”. Universitas Udayana : Bal. 2014.
[18] Wirawan, KE., Bagia, I., dan Susila, G. “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Jurusan Manajemen”. 4 (1) : 1–10. 2014
[19] Afifuddin. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Bandung : Pustaka Setia. 2015.
[20] Fatma, RM. “Hubungan Perilaku Penjamah Makanan dengan Penerapan Personal Hygiene pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUP Dr. M. Djamil Padang”. Skripsi. Program Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. 2013.
[21] Pasanda, A. “Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene di Hotel Patra Jasa Semarang”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang. 2016.
[22] Depkes RI. “Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1096 Tentang Hygiene Sanitasi Jasa Boga”. Jakarta : Depkes RI. 2011.
[23] Budiman., dan Riyanto, A. “Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan”. Jakarta : Salemba Medika. 2013.
[24] Kholid, A. “Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasinya”. Jakarta : Rajawali Pers. 2012.
[25] Baluka, S., Miller, R., dan Kaneene, J. “Hygiene Practices and Food Contamination In Managed Food Service Facilities In Uganda”. African Journal of Food Science. 9(1): 31-42. 2015.
[26] Amaami, A., Dominic, D., dan Collins, D. “Factors associated with poor food safety compliance among street food vendors in the Techiman Municipality of Ghana”. African J Food Sci, 11 (7–50). 2017.
[27] Swamilaksita, P., dan Santi, R. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerapan Hygiene Sanitasi di Kantin Universitas Esa Unggul”. Nutrire Dianita. 8 (2). 2016.
[28] Lestantyo, D., Husodo, A., Iravati, S., dan Shaluhiyah, Z. 2017. Safe Food Handling Knowledge, Attitude, and Practice of Food Handlers in Hospital Kitchen. International Journal of Public Health Science (IJPHS. 6 (4).
[29] Kumbadewi, L., Suwendra, I., dan Susila, G. 2016. Pengaruh Umur, Pengalaman Kerja, Upah, Teknologi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan. Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1) : 1-11

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Imawati, N., Marfuah, D., & Noviyanti, R. D. (2023). Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Dan Lama Kerja Dengan Perilaku Hygiene Penjamah Makanan Di PPMI Assalaam Sukoharjo. Prosiding University Research Colloquium, 596–605. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2359