Gambaran Indeks Massa Tubuh Pada Lansia Diabetesi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kesesi 1 Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Kurnia Laila Widya Putri Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Dyah Putri Aryati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

diabetes mellitus, lansia,, indeks massa tubuh

Abstract

Seiring dengan bertambahnya usia pada lansia tidak jarang diikuti dengan penurunan kemunduran fisik dan disertai penyakit kronis seperti diabetes melitus. Penurunan berat badan pada penderita penyakit diabetes melitus salah satu masalah tentang terkait dengan kurangnya nutrisi. Indeks massa tubuh adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui status gizi seseorang yang didapatkan dari perbandingan berat dan tinggi badan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran indeks massa tubuh pada lansia diabetesi di Wilayah Kerja Puskemas Kesesi 1 Kabupaten Pekalongan. Sampel penelitian ini adalah 153 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dan intrumen yang digunakan timbangan badan jarum dan alat ukur tinggi badan. Hasil penelitian didapatkan gambaran indeks massa tubuh pada lansia diabetesi dari 153 responden yang memiliki presentase tertinggi yaitu status gizi normal dengan 73 responden (47.7%) dan presentase terendah yaitu status gizi kurang dengan 12 responden (7.8%). Dari hasil penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Kesesi sebagian besar lansia diabetesi memiliki Indeks Massa Tubuh normal, namun lansia dengan diabetes melitus yang memiliki status gizi berlebih juga cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu adanya pemeriksaan status gizi pada lansia dengan diabetes mellitus secara berkala.

References

[1] BPS. Statistik Penduduk Lanjut Usia. 2020.
[2] Utomo, A. S. Status Kesehatan Lansia Berdayaguna. Wiyung Kota Surabaya. Media Sahabat Cendekia. 2019.
[3] Ulfa, M. N, & Nugroho, I. METODE MEDICATION PICTURE KOMBINASI PILL COUNT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN MINUM OBAT ORAL ANTIDIABETES DAN ORAL ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN LANSIA. Gresik: CV BUDI UTAMA. 2021.
[4] Setyawati, V. A. V., & Hartini, E. BUKU AJAR DASAR ILMU GIZI KESEHATAN MASYARAKAT. Sleman Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. 2018.
[5] Sunarti, S., Ratnawati, R., Mattaliti, D. N., Ramadhan, R., Pratiwi, R. B., & Prakosa, A. G. Prinsip Dasar Kesehatan Lanjut Usia (Geriatri). Malang: UB Press. 2019.
[6] Ratnawati, D. Dukungan Keluarga Berpengaruh Kualitas Hidup Pada Lansia dengan Diagnosa Diabetes Melitus. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Fakultas Ilmu Kesehatan: Jakarta. 2019.
[7] Maria, I. ASUHAN KEPERAWATAN DIABETES MELLITUS DAN ASUHAN KEPERAWATAN STROKE. Sleman: CV BUDI UTAMA. 2021.
[8] Malo, Y. F. Status Gizi , Activity Daily Living Berkaitan Kadar Gula Darah Lansia Diabetes Melitus. Skripsi. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Fakultas Ilmu Kesehatan (Keperawatan) : Malang, Indonesia. 2021

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Putri, K. L. W., & Aryati, D. P. (2023). Gambaran Indeks Massa Tubuh Pada Lansia Diabetesi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kesesi 1 Kabupaten Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 480–485. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2345