Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny. F

Authors

  • Khansa Mutiara Hasna Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Lia Dwi Prafitri Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • S Suparni Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Asuhan Kebidanan, Komprehensif, Persalinan, Nifas, Bayi Baru Lahir

Abstract

Asuhan kebidanan komprehensif berupa asuhan kebidanan yang diberikan sesuai standar kompetensi dan kewenangan bidan pada kehamilan dengan presbo, persalinan normal, nifas normal, bayi baru lahir dan neonatus normal. Tujuan penulisan ini adalah memberikan asuhan komprehensif dari masa kehamilan hingga masa nifas pada Ny. F di desa tangkil tengah. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang menggunakan format asuhan kebidanan kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir. Hasil asuhan yang diberikan pada Ny. F mulai dari kehamilan, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir berjalan dengan lancar serta ibu dan bayi dalam keadaan normal. Berdasarkan hasil asuhan kebidanan continuity of care yang telah dilakukan pada Ny. F diharapkan klien dapat menerapkan konseling yang telah diberikan selama dilakukan asuhan kebidanan dan sesuai dengan kebutuhan ibu dan tidak terdapat komplikasi atau penyulit tertentu serta sudah sesuai dengan kebutuhan pasien dan kewenangan bidan ke 4-6.

References

[1] Y. Triguno, P. D. P. Kusuma Dewi, N. M. K. S. Tangkas, K. A. Suarmini, N. K. E. Wahyuni, and P. J. Asmari, “Faktor Risiko Kelainan Letak Pada Ibu Hamil,” J. Kebidanan Malahayati, vol. 6, no. 2, pp. 186–189, 2020.
[2] Manuaba, Gawat Darurat Obstetri Ginekologi dan Obstetri Ginekologi Sosial untuk Profesi Bidan. 2012.
[3] J. Kesehatan Metro Sai Wawai, S. Wawai Efek Prenatal Yoga Dalam Merubah Presentasi Janin, N. Rudiyanti, and J. Kebidanan Tanjungkarang, “Efek Prenatal Yoga dalam Merubah Presentasi Janin,” J. Kesehat. Metro Sai Wawai, vol. 14, no. 1, pp. 30–37, 2021.
[4] E. Sutrisminah, “Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan posisi knee cheest pada kehamilan trimester III dengan presentasi bokong,” Fakt. yang mempengaruhi keberhasilan posisi knee cheest pada kehamilan trimester III dengan Present. bokong, p. 41, 2017.
[5] A. Kebidanan Persalinan, J. K. Politeknik, K. Kemenkes, and P. Raya, “MODUL TEORI III Sarjana Terapan Kebidanan,” 2019.
[6] E. S. Walyani, Keterampilan Dasar Kebidanan 1. CIAMIS: Pustaka Baru Press, 2017.
[7] Nurrahmaton, “HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PERAWATAN LUKA PERINEUM DENGAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA DI BPM SUNGGAL MEDAN TAHUN 2018,” vol. 2, no. 1, 2019.
[8] N. A. Nurul Azizah, Buku Ajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. 2019.
[9] K. RI, Profil Kesehatan. 2019.
[10] J. Informatika et al., “Implementasi dempster shafer untuk mendiagnosa gangguan kehamilan pada ibu 1,” vol. 21, no. 2, 2021.
[11] M. Z. Icesmi Sukarni K., Kehamilan, Persalinan, dan Nifas. Yogyakarta: Nuha Medika, 2015.
[12] M. K. Ari Kurniarum, S.SiT., Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir, Pertama. Jakarta: Kemenkes RI, 2016.
[13] S. K. dr. Arief ZR & Weni Kristiyanasari, Neonatus dan Asuhan Keperawatan Anak, Pertama. MAKASSAR: Nuha Medika, 2009.
[14] L. Y. Ai Yeyeh Rukiyah, Asuhan Kebidanan Patologi. Jakarta: Trans Info Media, 2019.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Hasna, K. M., Prafitri, L. D., & Suparni, S. (2023). Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada Ny. F. Prosiding University Research Colloquium, 433–442. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2340