Asuhan Keperawatan Manajemen Asma Dengan Penerapan Teknik Pranayama Pada Pasien Asma Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong

Authors

  • Juneth Anandhita Haryanto Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Dadi Santoso Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Nur Indarwati Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Manajemen asma, Teknik pranayama

Abstract

Latar Belakang: Penyakit asma ditandai dengan variasi luas dalam waktu yang pendek terhambatnya aliran udara dalam saluran nafas paru yang bermanifestasi sebagai serangan batuk berulang atau mengi (bengik/weezing) dan sesak nafas biasanya terjadi di malam hari. Berbagai macam terapi bisa dilakukaan untuk menangaani masalah tersebut. terutama masalah bersihan jalan nafas tidak efektif pada pasien asma. Terapi non farmakologi bertujuan sebagai penunjang khususnya untuk meningkatkan derajat kontrol asma. Salah satu terapi non farmakologis dapat meningkatkan kontrol asma adalah penerapan teknik pranayama.Tujuan Penelitian: Menjelaskan asuhan keperawatan manajemen asma dengan penerapan teknik pranayama pada pasien asma di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Gombong. Metode Penelitian: Metode penelitian ini menggunakan desain studi kasus untuk mengeksplorasi masalah asuhan keperawatan pada klien yang mengalami asma dengan masalah keperawatan ketidakefektifan bersihan jalan nafas dengan intervensi penerapan Teknik pranayama di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Hasil: hasil dari penerapan yang dilakukan kepada lima pasien, semuanya mengalami masalah ketidakefektifan bersihan jalan nafas dan dilakukaan beberapa intervensi yang dilakukan baik tindakan mandiri keperawataan maupun tindakaan kolaborasi dengan tenaga kesehatan dan medis, dan salah satu penerapan yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan penerapan Teknik pranayama dimana hal ini menunjukkan bahwa penerapan Teknik pranayama efektif dilakukan pada pasien asma untuk meningkatkan control asma. Kesimpulan: Analisis asuhan keperawatan manajemen asma dengan penerapan teknik pranayama pada pasien asma di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong mempunyai pengaruh yang signifikan. Rekomendasi: Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi, dan menabah sampel penelitian tentang efektivitas penerapan Teknik pranayama untuk meningkatkan control gejala asma pada pasien asma agar hasil penelitian dapat lebih baik.

References

[1] WHO. (2015). quantifying Ehimpact National Countryprofile Indonesia. http://www.who.int/quantifying_ehimpacts/national/countryprofile/indonesia.pdf?ua=1. Diakses pada tanggal 28 Februari 2022.
[2] Hasanah, R. (2016). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Pemenuhan Oksigenasi pada Penderita Asma Bronkial di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari.
[3] Karam, M., Kaur, B. P., & Baptist, A. P. (2017). A modified breathing exercise program for asthma is easy to perform and effective. Journal of Asthma, 54(2), 217-222.
[4] Saoji, A. A., Raghavendra, B. R., & Manjunath, N. K. (2019). Effects of yogic breath regulation: A narrative review of scientific evidence. Journal of Ayurveda and integrative medicine, 10(1), 50-58.
5] Yüce, G. E., & Ta?c?, S. (2020). Effect of pranayama breathing technique on asthma control, pulmonary function, and quality of life: A single-blind, randomized, controlled trial. Complementary Therapies in Clinical Practice, 38, 101081
[6] Nur Arif, N. A. (2017). Peningkatan Nilai Peak Expiratory Flow Rate (PEFR) pada Pasien Asma Bronkiale dengan Metode Pranayama.
[7] Baines, K. J., Simpson, J. L., Wood, L. G., Scott, R. J., Fibbens, N. L., Powell, H., ... & Gibson, P. G. (2014). Sputum gene expression signature of 6 biomarkers discriminates asthma inflammatory phenotypes. Journal of allergy and clinical immunology, 133(4), 997-1007.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Haryanto, J. A., Santoso, D., & Indarwati, N. (2023). Asuhan Keperawatan Manajemen Asma Dengan Penerapan Teknik Pranayama Pada Pasien Asma Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Prosiding University Research Colloquium, 409–413. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2336