Persepsi Dan Interaksi Dokter Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit

Authors

  • Fitri Alifiani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Wulan Agustin Ningrum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • F Fitriyani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Interaksi;, Persepsi

Abstract

Salah satu tugas apoteker adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku agar dapat melaksanakan interaksi langsung dengan pasien. Persepsi dan interaksi dokter terhadap apoteker sangat penting dalam proses kerjasama yang baik untuk menentukan terapi pengobatan dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi dan interaksi dokter terhadap apoteker dalam pelayanan kefarmasian di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan Tahun 2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2020 menggunakan 40 responden dengan teknik total sampling. Metode penelitian deskriptif kuantitatif, Instrumen yang digunakan kuesioner. Hasil persepsi yang diteliti yaitu penerimaan dokter terhadap apoteker (70,0%) dalam kategori baik, persepsi harapan dokter terhadap apoteker (72,5%) dalam kategori baik, persepsi pengalaman dokter terhadap apoteker (77,5%) dalam kategori baik, dan persepsi kepercayaan dokter terhadap apoteker (90,0%) dalam kategori baik. Interaksi dokter terhadap apoteker (47,5%) dalam kategori sangat baik. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan melakukan metode wawancara kepada responden sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

References

[1] Santoso, L. O. “Persepsi Dokter Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya”. Jurnal Ilmiah. 2013.
[2] Sugiyono. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta. 2016.
[3] Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010.
[4] Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta, CV. 2017.
[5] Nastiti, N. S. Persepsi Dokter Terhadap Peran Apoteker Dalam Pekerjaan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Yogyakarta. Skripsi. 2014.
[6] Al Amin, M, “Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny,” Jurnal Ilmiah. 2017.
[7] Wibowo. “Perilaku Dalam Organisasi”. (ed.1 cet.1), Jakarta: Rajawali Pers, h.59. 2013.
[8] Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Jakarta. 2016.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Alifiani, F., Ningrum, W. A., & Fitriyani, F. (2023). Persepsi Dan Interaksi Dokter Terhadap Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Prosiding University Research Colloquium, 300–310. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2325