Gambaran Jenis Kelamin dengan Tingkat Kontrol Pasien Asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan

Authors

  • Edwin Donny Yahya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Riesma Damayanti Finishia Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Dian Kartikasari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Pasien asma, Tingkat kontrol asma

Abstract

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak napas akibat peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan. Asma tidak disembuhkan tetapi dapat dikontrol menggunakan kuesioner Asthma Control Test (ACT) untuk mengetahui tingkat kontrol asma dan mempertahankan asma dengan kondisi terkontrol dengan baik untuk menjaga agar asma tidak menganggu kehidupan sehari-hari. Tujuan: untuk mengetahui jenis kelamin dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif, pendekatan Survey. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik total sampling. Hasil: Penelitian ini didapatkan bahwa gambaran jenis kelamin dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan terbanyak adalah perempuan dengan tingkat kontrol tidak terkontrol. Kesimpulan: Gambaran jenis kelamin dengan tingkat kontrol asma pada pasien asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan dengan tingkat kontrol tidak terkontrol adalah perempuan 15 (62,5%)

References

[1] GINA, “GLOBAL INITIATIVE FOR ASTHMA. Global Strategy for Asthma Management and Prevention.” pp. 1–217, 2021.

[2] DINKES Kota Pekalongan., “Dinas Kesehatan Kota Pekalongan,” 2022.

[3] A. N. Y. Anwar, R. Agustina, and J. Fadraersada, “Kajian Terapi Asma dan Tingkat Kontrol Asma berdasarkan Asthma Control Test (ACT),” Mulawarman Pharm. Conf., no. November, pp. 7–8, 2017.

[4] Syahira, I. Yovi, and Azrin, “Hubungan Tingkat Pengetahuan Asma Dengan Tingkat Kontrol Asma Di Poliklinik Paru RSUD Arifin Achmad Pekanbaru,” J. Geotech. Geoenvironmental Eng. ASCE, vol. 120, no. 11, p. 259, 2015.

[5] R. A. S. Soemarwoto, R. Rafie, E. Silvia, W. Pramesti, F. L. Tata, and G. Setiawan, “Tingkat Kontrol Asma Di Klinik Harum Melati Pringsewu,” Jk Unila, vol. 4, no. 2, pp. 112–116, 2020.

[6] D. H. Putri, A. Salam, and W. Handoko, “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Mengenai Asma Terhadap Tingkat Kontrol Asma Pada Pasien Asma Di Unit Pengobatan Penyakit Paru-Paru (UP 4) Pontianak,” no. Up 4, pp. 1–17, 2016.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Yahya, E. D., Finishia, R. D., & Kartikasari, D. (2023). Gambaran Jenis Kelamin dengan Tingkat Kontrol Pasien Asma di Poli Paru RSUD Bendan Kota Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 245–248. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2318