Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kepatuhan Penggunaan Masker Pada Anak

Authors

  • Aghisna Fikamalina Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Ning Iswati Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Dyah Puji Astuti Universitas Muhammadiyah Gombong

Keywords:

Covid-19, Pengetahuan Covid-19, Kepatuhan Penggunaan Masker

Abstract

Latar Belakang, Tingginya angka penularan virus covid-19 telah memakan banyak korban jiwa. Untuk itu Kementrian Kesehatan Republik Indonesia membuat aturan tentang protokol kesehatan seperti menjaga arak, mencuci tangan, mengurangi mobilisasi, menghindari keruunan dan menggunakan masker.Kurangnya kesadaran masyarakat dala mematuhi protokol kesehatan menyebabkan penyebaran virus covid-19 semakin tinggi. Tujuan, tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui hubungan pengetahuan covid-19 dan keterlibatan orang tua dalam kepatuhan penggunaan masker pada anak. Metode, metode dari penelitian iniadalah dengan pendekatan kuantitatif dengan design korelasional. Sampel terdiri dari 30 responden dengan teknik total sampling. Hasil, hasil dari penelitian inididapatkan hasil terdapat hubungan pengetahuan covid-19 dan keterlibatan orang tua terhadap kepatuhan penggunaan masker pada anak. Kesimpulan, kesimpulan dari penelitian inipengetahuan covid-19 dan keterlibatan orang tua berhubungan dengan kepatuhan penggunaan masker pada anak. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya, Peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mampu mengembangkan penelitian dengan faktor lain yang dapat mendorong tercapainya kepatuhan protokol kesehatan.

References

[1] Caroline, “Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 Berhubungan Dengan Kepatuhan Menggunakan Masker Pada Masa Pandemi Covid-19.,” J. Penelit. Perawat Prodesiaonal, pp. 557–564, 2021.
[2] Milkjhatun, “Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Samarinda,” Borneo Student Researach, pp. 435–441, 2021.
[3] Romauli, Natalia, and Hutagaol, “Hubungan Pengetahuan Remaja Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di SMA Perguruan Advent Salemba,” 2021.
[4] Asnudin and Pratiwi, “Analisis Faktor Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19,” J. Kesehat. Tambusai, pp. 89–97, 2021.
[5] Norita, “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Kepatuhan Untuk Menjaga Jarak Dan Menggunakan Masker Pada Masyarakat Dikota Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2020.,” Universitas Islam Kalimantan, 2021.
[6] Agustin, “Hubungan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa,” J. STKIP Kusuma Negara, p. 219, 2020.
[7] Aris, “Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Penggunaan Penerapan Protokol Kesehatan Pada Remaja Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi di RW 08 Mlajah Bangkalan),” Stikes Ngudia Husada, 2021.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Fikamalina, A., Iswati, N., & Astuti, D. P. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kepatuhan Penggunaan Masker Pada Anak. Prosiding University Research Colloquium, 14–22. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2289