PKM Bantuan Teknis Konsultansi Penyelesaian Masalah Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Fly Over Dermoleng Dan Klonengan

Authors

  • Sri Sunarjono Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pembebasan lahan, Appraisal, Pengukuran

Abstract

Proses pembangunan fly over (FO) biasanya diikuti dengan kebutuhan tanah bila luasan tanah eksisting tidak mencukupi. Kebutuhan tanah tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan pengadaan tanah yang prosesnya harus selesai sebelum pembangunan fisik dimulai. Di lapangan proses tersebut sering mengalami berbagai kendala, diantaranya kendala pendanaan, proses pelaksanaan, dan kendala lainnya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberi bantuan konsultansi upaya penyelesaian masalah proses pengadaan tanah untuk mendorong percepatan proses pelaksanaan pembebasan tanah pembangunan FO Dermoleng dan FO Klonengan, Brebes Jawa Tengah. Metode kegiatan PkM ini dilakukan dengan memberi bantuan teknis penyelesaian masalah yang terjadi pada pengadaan tanah. Tim PkM bekerjasama dengan Balai PUPR mengumpulkan data lapangan dan wawancara dengan pihak terkait. Rekomendasi disusun berdasarkan hasil analisis data lapangan dan hasil diskusi dengan pihak Balai PUPR. Pada FO Dermoleng telah diberikan solusi terhadap masalah penyelesaian tanah wakaf tidak melalui ijin Kemenag Kabupaten, satu bidang tanah tidak melalui ijin nazhir, dan menggunakan sistem UGR yang diberikan kepada pihak nadzir dan ahli waris. Sedangkan pada FO Klonengan telah diberikan solusi terhadap masalah adanya satu bidang tanah Perhutani belum dibebaskan.

References

[1] PUPR, “Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2020 tentang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat”, https://pu.go.id/page/Tugas-dan-Fungsi, 2020.
[2] BPIW, “Kementerian PUPR Dukung Sektor Transportasi Terkait Konektivitas Antar Daerah dan Pulau”,Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, https://bpiw.pu.go.id/article/detail/kementerian-pupr-dukung-sektor-transportasi-terkait-konektivitas-antar daerah- dan-pulau, 2016.
[3] PUPR, “Infrastruktur Jalan yang Memadai Dapat Memperlancar Arus DistribusiBarang dan Jasa”, https://pu.go.id/berita/infrastruktur-jalan-yang-memadai-dapatmemperlancar-arus-distribusi-barang-dan-jasa, 2016.
[4] Kemenkeu, “Upaya Peningkatan Daya Saing Indonesia Melalui Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknlbalikpapan/baca-artikel/14826/Upaya-Peningkatan-Daya-Saing-Indonesia-Melalui-Pembangunan-Infrastruktur-Berkelanjutan.html, 2022.
[5] Setneg, “Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Indonesia Maju”, https://www.setneg.go.id/baca/index/melanjutkan_pembangunan_infrastruktur_dan_indonesia_maju, 2019.
[6] BPSDM PU, “Rencana Keterpaduan Infrastruktur Wilayah Pengembangan Strategis - Perencanaan Pengembangan Infrastruktur Dalam Konteks Pengembangan Wilayah Strategis, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman, Dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, https://bpsdm.pu.go.id/center/pelatihan/uploads/edok/2018/03/242f0_2.1_Modul_2_Perencanaan_Pengembangan_Infrastruktur_Dalam_Konteks_Pengembangan_Wilayah_Strategis.pdf, 2017.
[7] PUPR, “Pembangunan 6 Fly Over, Suatu Alternatif Atasi Kemacetan, https://pu.go.id/berita/pembangunan-6-fly-over-suatu-alternatif-atasi-kemacetan-di, 2004.
[8] BPSDM-PU, “Modul 2: Kebijakan Perencanaan Pembangunan Jalan-Diklat Perenca naan dan Persiapan Pengadaan Tanah,” Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman Dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, https://bpsdm.pu.go.id › uploads › edok › 2018/01, 2018.
[9] UU No 2/2012, “Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pem bangunan Untuk Kepentingan Umum”, 2012.
[10] PERPRES No 71/2012, “Perpres RI No. 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum”, 2012.
[11] PERKA-BPN No 5/2012, “Peraturan Kepala BPN RI No. 5 Tahun 2012 tentangPetunjuk Teknis Pelaksanaan Pengadaan Tanah”, 2012.
[12] Bina Marga, “Empat Flyover dan Underpass di Jawa Tengah Diresmikan”, https://binamarga.pu.go.id/balai-jateng-diy/index.php/berita/empat-flyover-dan-underpass-di-jawatengah-diresmikan”, 2017.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Sunarjono, S. (2023). PKM Bantuan Teknis Konsultansi Penyelesaian Masalah Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Fly Over Dermoleng Dan Klonengan. Prosiding University Research Colloquium, 387–396. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2264