Implementasi Digital Marketing dan Pengoptimalan Wisata Petik Buah Kelengkeng untuk Memajukan Perekonomian Bumdes Wringinputih, Borobudur

Authors

  • Ravindra Ardiana Darmadi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nova Resmita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Fauzia Anisagita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Laila Nurul Fajri Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Tiara Gita Deana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nida Ahmad Mufadol Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

Pemasaran Digital, Kelengkeng;, BUMDes;, Borobudur;, Ekonomi.

Abstract

BUMDes Wringinputih merupakan Badan Usaha Milik Desa yang berdiri tahun 2017 dan dikelola oleh pengurus desa setempat. BUMDes Wringinputih berlokasi di desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Permasalahan umum yang terdapat di BUMDes yaitu belum terpenuhinya target pendapatan BUMDes dikarenakan penghasilan dari perkebunan kelengkeng sangat terbatas. Penyebab lain dari kurangnya target pendapatan adalah minimnya jumlah tenaga kerja yang mengelola perkebunan dan pemasaran kebun kelengkeng. Metode yang kami lakukan untuk mengoptimalkan pemasaran terkhusus pemasaran digital BUMDes adalah dengan mengimplementasikan metode WOM (Word Of Mouth) yang di kombinasikan dengan pemasaran digital untuk meningkatkan ketertarikan calon konsumen dengan BUMDes dan pada akhirnya dapat merekomendasikan BUMDes Wringinputih kepada calon konsumen yang lain. Sedangkan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen kelengkeng, kami menggunakan pupuk booster. Hasil dari metode yang kami lakukan adalah pemasaran digital dapat membantu untuk memasarkan spot wisata kepada masyarakat secara luas terutama ketika pemasaran digital dilakukan secara konsisten dan pemberian pupuk booster dapat membantu mempercepat proses pematangan buah sehingga panen dapat dilakukan lebih awal dan hasil yang didapat lebih maksimal.

References

[1] Presiden Republik Indonesia, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. 2020.
[2] D. A. Paninduri, “Strategi Pemasaran Usaha Perkebunan Buah Kelengkeng (Dimocarpus Longan) Studi Kasus di CV. Sinar Ponti Tiga Juhar Farm, Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang,” J. Ilm. Mhs. Pertan. [JIMTANI], vol. 1, no. 4, pp. 1–14, 2021.
[3] I. Hendrawan, “Teknologi Off-Season Tanaman Lengkeng Pada Rumah Tanaman Sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Pasar,” J. WIDYA Eksakta, vol. 1, no. 1, pp. 20–27, 2013.
[4] R. J. Naimah, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebriyanto, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Darmadi, R. A., Resmita, N., Anisagita, F., Fajri, L. N., Deana, T. G., & Mufadol, N. A. (2023). Implementasi Digital Marketing dan Pengoptimalan Wisata Petik Buah Kelengkeng untuk Memajukan Perekonomian Bumdes Wringinputih, Borobudur. Prosiding University Research Colloquium, 340–344. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2257