Pengenalan Digital Marketing : Augmented Reality Marketing sebagai media promosi untuk UMKM di Desa Samborejo Tirto Kota Pekalongan.

Authors

  • Muhammad Arifiyanto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

Digital Marketing, Augmented Reality Marketing, Promosi

Abstract

Mengamati perkembangan pemasaran saat ini lebih melibatkan customer memiliki pengalaman interaktif dengan merk melalui kampanye, publisitas dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Dalam Jurnal Manajemen Pemasaran, Schmitt (1999) menjelaskan bahwa pemasaran saat ini berbeda dengan pemasaran tradisional dimana konsumen dalam membuat keputusan pembelian hanya berdasarkan fitur dan manfaat, namun saat ini para pemasar melihat bahwa konsumen dianggap sebagai manusia yang rasional dan emosional melalui sesuatu hal yang menyenangkan. Schmitt (1999) menyebutkan ada 5 (lima) kategori pengalaman menyenangkan antara lain : sensorik , aktif (perilaku dan gaya hidup), relasional (social identitas dalam kaitannya dengan kelompok atau budaya), kognitif dan emosional (pengalaman afektif). Teknologi saat ini dianggap sebagai salah satu pendekatan yang paling efektif untuk dunia pemasaran saat ini. Ada dua hal teknologi saat ini, antara lain Virtual Reality dan Augmented Reality, dua produk teknologi yang secara teknis berbeda, tetapi memiliki kesamaan sebagai sebuah platform yang dapat membangun intensitas emosional yang tinggi dengan immersion sebagai kata kuncinya. Dalam rangka mengenalkan teknologi tersebut ke masyarakat luas dilakukansuatu kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Samborejo, Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Dalam kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi mengenai digital marketing, augmented reality marketing, e-money, e-commerce. Hasil dari kegiatan tersebut masyarakat khususnya Desa Samborejo Tirto menjadi lebih mengenal pengetahuan tentang digital marketing dan pengetahuan lain sejenisnya. Masyarakat menjadi lebih memahami pengetahuan tersebut dan akan menerapakan sebagai media promosi kedepan nantinya.

References

[1] Schmitt, “Experiential Marketing Bernd Schmite ExperientialNiarketing,” no. January 2013, pp. 37–41, 2010.
[2] A. Watson, B. Alexander, and L. Salavati, “The impact of experiential augmented reality applications on fashion purchase intention,” Int. J. Retail Distrib. Manag., vol. 48, no. 5, pp. 433–451, 2020, doi: 10.1108/IJRDM-06-2017-0117.
[3] D. Pradiatiningtyas, “Konsep Augmented Reality Dan Mobile Marketing Sebagai Usaha Pengembangan Pariwisata Yogyakarta Di Era Pandemi Covid 19,” J. Pariwisata, vol. 8, no. 1, pp. 73–79, 2021, doi: 10.31294/par.v8i1.10464.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Arifiyanto, M. (2023). Pengenalan Digital Marketing : Augmented Reality Marketing sebagai media promosi untuk UMKM di Desa Samborejo Tirto Kota Pekalongan. Prosiding University Research Colloquium, 285–289. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2250