Pemberian Home Program Pada Anak Cerebral Palsy Untuk Meningkatkan Activity Daily Living di Desa Karanganom, Klaten

Authors

  • Fahreza Ayu Andzani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • W Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Home Program, Anak Cerebral Palsy, Activity Daily Living, Desa Karanganom, Klaten.

Abstract

Derajat kesehatan di Kecamatan Karanganom untuk angka kecacatan pada anak-anak usia 2 tahun- 17 tahun relative tinggi dikarenakan pendidikan terhadap ibu hamil rendah dan dikarenakan kurangnya perhatian dari kader Posyandu, Bidan, dan Dokter serta tenaga kesehatan lainnya pada 5 tahun yang lalu. Kasus cerebral palsy di Kecamatan Karanganom cukup banyak, sehingga penulis mengambil kasus cerebral palsy untuk di beri edukasi. Cerebral Palsy adalah suatu gangguan permanen pada gerakan dan postur tubuh, yang menyebabkan keterbatasan aktivitas yang bisa dikaitkan dengan gangguan non progressive yang terjadi di otak janin atau otak yang belum matang. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan activity daily living dari anak cerebral palsy. Kesimpulan kegiatan ini berkontribusi bagi masyarakat Desa Karanganom sebagai upaya pelayanan fisioterapi dan upaya edukasi untuk orang tua yang diberikan pada setiap rumah yang terdapat anak Cerebral Palsy agar orangtua memahami pentingnya penanganan fisioterapi pada permasalahan tumbuh kembang anak Cerebral Palsy.

References

[1] M. Swords, “Symposium - Hindfoot and Ankle Trauma,” Indian, vol. 52, no. may, pp. 161–169, 2018, doi: 10.4103/ortho.IJOrtho.
[2] D. R. Patel, M. Neelakantan, K. Pandher, and J. Merrick, “Cerebral palsy in children: A clinical overview,” Transl. Pediatr., vol. 9, no. 1, pp. S125–S135, 2020, doi: 10.21037/tp.2020.01.01.
[3] S. M. A. P. Putri, C. D. Kurniawan, and D. Silakarma, “Palsy Pada Anak Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar,” J. Med. Udayana, vol. 8, no. 8, pp. 2–7, 2019.
[4] American Psychological Association, “Parenting,” Washington, DC, 2022. .
[5] H. Nurhendrayani and S. Pd, Model Panduan Kemitraan Keluarga Dengan Sekolah Dasar. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan DIKMAS) Jawa Barat, 2016.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Andzani, F. A., & Wahyuni, W. (2023). Pemberian Home Program Pada Anak Cerebral Palsy Untuk Meningkatkan Activity Daily Living di Desa Karanganom, Klaten. Prosiding University Research Colloquium, 147–152. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2232