Pelatihan Membaca Al – Quran di Masjid At-Taqwa Kelurahan Kandang Panjang – Pekalongan Utara

Authors

  • Cholisa Rosanti Universitas Muhammadiyah Pekalongan
  • Nur Kholidah Universitas Muhammadiyah Pekalongan
  • Leni Susanti Universitas Muhammadiyah Pekalongan

Keywords:

Al-Qur’an, Iqra’;, Tajwid

Abstract

Masyarakat Kelurahan Kandang Panjang Pekalongan utara, khususnya ibu-ibu yang aktif di pengajian Aisyiyah adalah bagian kelompok yang berada dalam masyarakat dengan kegiatan keagamaannya yang cukup banyak, diantaranya kebiasaan sholat berjamaah, pengajian-pengajian dan kegiatan-kegiatan yang tergabung dengan organisasi Aisyiyah baik di wilayah kecamatan maupun tingkat kota. Namun ada satu ketimpangan yang belum teratasi oleh program rutinitas keagamaan yang dilakukan oleh Aisyiyah yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an. Dengan demikian diperlukan suatu wadah berupa Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang selanjutnya diselelenggarakan secara rutin kegiatan pengajaran baca Al-Qur’an dengan baik dan benar bagi ibu-ibu di Lingkungan Masjid At- Taqwa Kandang Panjang Pekalongan Utara. Hasil pengamatan pada masyarakat di Kelurahan Kandang Panjang mayoritas sudah mengenal huruf hijaiyah namun dalam membaca Al-Qur’an belum sesuai dengan tajwid mahrujul huruf sehingga perlu adanya pelatihan membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan tajwid mahrujul huruf. Kemudian permasalahan lain yaitu kurangnya tempat pendidikan Al-Quran untuk orang tua khususnya ibu-ibu sehingga mereka kesulitan untuk belajar. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan motivasi belajar, memberikan pengajaran tentang membaca huruf hijaiyah dengan  benar,membaca tajwid dengan benar, mencontohkan bagamaimana aturan – aturan dan cara membaca al – Qur’an sesuai tajwid dan mahrujul huruf yang benar. Sedangkan untuk permasalahan kedua, maka mitra atau Aisyah Kelurahan Kandang Panjang memberikan wadah berupa sarana dan prasarana belajar kepada ibu-ibu tersebut. Pelatihan tersebut diharapkan mampu membantu masyarakat memantaskan diri untuk menjadi muslim yang baik dan sempurna dengan kemampuan minimal berupa mampu membaca kitab suci mereka yaitu Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid dan mahrujul huruf

References

[1] B. Tamami, “Pelatihan Membaca Al-Qur’an Yang Baik dan Benar Melalui Metode Qira’ati,” J. Pengabdi. Masy. Ipteks Juli 2016, pp. 27–33, 2016.
[2] Q. Rodiah; Zulkarnain;Khoiri, “Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu,” J. Literasiologi, vol. 1, no. 1, pp. 37–58, 2018.
[3] M. Hasanah, Uswatun ;Setia, Sefta Dwi; Fatonah, Isti; Deiniatur, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan,” Al-Din J. Dakwah dan Sos. Keagamaan 6(2) , pp. 1– 14, 2020.
[4] D. Ramdhan, F. Atmajaya, H. A. Wahid, and F. N. Maolana, “Pelatihan Membaca Al-Qur’an Metode Iqro di Masjid Al-Muttaqin Kecamatan Cigedug Garut,” Proc. UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol I No LIX (Desember 2021) , vol. 1, no. Desember, 2021.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Rosanti, C., Kholidah, N., & Susanti, L. (2023). Pelatihan Membaca Al – Quran di Masjid At-Taqwa Kelurahan Kandang Panjang – Pekalongan Utara. Prosiding University Research Colloquium, 98–104. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2218